Perencanaan Perkerasan Jalan Mayjend Sungkono Gresik

Arzaq, Ahmad Fatih (2019) Perencanaan Perkerasan Jalan Mayjend Sungkono Gresik. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111440000109-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111440000109-Undergraduate_Theses.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dengan semakin bertumbuhnya ekonomi dan perindustrian di Kabupaten Gresik sebesar 6,15% pada tahun 2015. Hal ini beriringan dengan meningkatnya kepadatan lalu lintas yang terjadi di Kabupaten Gresik. Akan tetapi tidak diimbangi dengan prasarana jalan yang ada dibeberapa wilayah di Kabupaten Gresik, sehingga diperlukan perbaikan pada ruas-ruas jalan tertentu. Salah satu contoh adalah jalan Mayjen Sungkono Gresik, jalan ini mengalami kerusakan berupa retak-reatk (crack), lubag-lubang (photole), alur (ruting) dan perubahan bentuk (distortion).
Dalam perencanaan ini ada dua jenis perkerasan yang dipilih yaitu perkerasan kaku dan perkerasan lentur, dengan umur rencana perkerasan lentur 20 tahun dan umur rencana perkeraan kaku 40 tahun dan dihitung mengunakan Manual Desain Perkerasan Jalan 2018 Bina Marga. Dari dua perkerasan tersebut akan di bandingan untuk mendapatkan perkerasan yang tepat dengan beban lalu lintas pada jalan Mayjend Sungkono. Data yang digunakan berupa PDRB Jawa Timur, HSPK, data LHR dan data kerusakan jalan (D&M 1990). Data-data tersebut diolah kemudian dianalisis. Terdapat beberapa analisis dalam Tugas Akhir ini, yang pertama dilakukan perhitungan nilai keruskan sehingga dapat diketahui tingkat kerusakan jalan dan cara perbaikan jalan. Kedua dilakukan peninjauan karakteristik lalu lintas pada saat ini dan selama umur rencana. Kemudian dilakukan perencanaan tebal struktur perkerasan jalan, setelah mendapatkan tebal struktur jalan
selanjutnya dilakukan perhitungan biaya. Terakhir, dipilih jenis perkerasan jalan yang sesuai ditijau dari tebal perkerasan, biaya perkerasan dan biaya pemeliharaan perkerasan. Dari analisa ini didapatkan tebal perkerasan kaku sebagai perbaikan kerusakan Jalan Mayjend Sungkono dengan tebal perkeraan lapis drainase 15 cm, lapis pondasi LMC 10 cm dan tebal plat beton 30,5 cm. Biaya perkerasan Rp 20.457.765.946 dengan biaya pemeliharaan sebesar Rp 382.715 permeter pertahun.
==============================================================================================================================
The economic and industrial districts in Gresik increased by 6.15% in 2015. It is in coincide with the increasing traffic density that occurred in Gresik Regency. This condition is not balanced by the provision of good road infrastructure in some areas of Gresik regency, so that repairs are needed on some roads. One of the roads is Mayjen Sungkono Gresik, the road is damaged by cracking; pot holes; routing and distortion of the form. In principle, there are two kinds of road pavement, which is rigid and flexible pavement. Flexible pavement has a relatively good level of comfort, called riding comfort, than rigid pavement does. Rigid pavement is more durable and very little, even it doesn’t need a maintenance costs during the service period. In this final project took a design life of flexible pavement in 20 years and rigid pavement in 40 years. The calculation of the pavement is use the reference from Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 2018 by Bina Marga. From those two pavement will be compared to get the optimum one with the traffic on the road, Mayjend Sungkono Gresik. Data needed is East Java GDP data; HSPK; Annual Traffic-Data and road damage data. There are some data analysis in this final project, the first is calculated the overall damage, so can be known the damage road and road repair solution. Second step are reviewed the traffic characteristics in this year (2019) and during the age of the plan. Then calculated the thick planning of roadway structures and cost calculations. Thus obtained the most optimum type of roadway that chosen based on these several aspect, thick of pavement; construction cost ; and maintenance costs. From the analysis results obtained thick of rigid pavement for repairing of Mayjend Sungkono Gresik as it optimal one. With a 15 cm drainage layer thickness, the LMC foundation layer is 10 cm and the concrete plate thickness is 30,5 cm. Pavement construction costs Rp. 20.457.765.946 and maintenance costs of Rp. 382.715 metre

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Ahmad Fatih Arzaq
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:23
Last Modified: 09 Jul 2024 03:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68776

Actions (login required)

View Item View Item