Perencanaan Jembatan Sirnoboyo Menggunakan Precast Posttensioned Box-Girder Dengan Metode Balanced Cantilever

Salma, Naura Assyifa (2019) Perencanaan Jembatan Sirnoboyo Menggunakan Precast Posttensioned Box-Girder Dengan Metode Balanced Cantilever. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111540000092-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111540000092-Undergraduate_Theses.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Jembatan Sirnoboyo membentang pada ruas Jalan Pantai Selatan (Pansela) antara Ploso-Sirnoboyo, di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jembatan ini pada awalnya direncanakan menggunakan prestressed I-girder yang terdiri dari 6 bentang dengan panjang total jembatan 230,4 m dan panjang bentang terpanjang 42,9 m. Dalam tugas akhir ini, direncanakan Jembatan Sirnoboyo menggunakan box girder pratekan dengan panjang total 230,4 meter yang terdiri dari 3 bentang, masing-masing 67,2 meter, 96 meter dan 67,2 meter. Jenis jembatan bentang panjang pada khususnya akan memungkinkan untuk menghindari keberadaan pilar pada badan sungai, yang mana dengan adanya 2 pilar penopang Jembatan Sirnoboyo yang terletak pada badan sungai dapat menimbulkan potensi terjadinya masalah berupa gerusan lokal yang terjadi di sekeliling pilar. Metode yang akan digunakan untuk pelaksanaan konstruksi jembatan Sirnoboyo adalah dengan sistem balanced cantilever karena sistem ini termasuk jenis segmental construction dengan metode yang ekonomis, cepat dan efisien untuk jembatan bentang panjang dan menengah. Pada tugas akhir ini dalam pengerjaannya dibantu dengan program bantu analisa struktur Midas Civil. Analisa kekuatan struktur diperhitungkan dalam tahap pemasangan segmen dan dalam tahap layan yaitu sistem statis tak tentu. Perencanaan jembatan sesuai dengan peraturan RSNI T-12-2004, untuk pembebanan jembatan mengacu pada SNI 1725:2016 dan gempa untuk jembatan mengacu pada RSNI 2833:201X. Setelah diketahui gaya dalam pada masing-masing tahap, berikutnya dilakukan penentuan gaya prategang dan tendon yang dibutuhkan. Selanjutnya dilakukan perhitungan penulangan box kemudian menghitung kehilangan gaya prategang, kontrol stabilitas struktur yang meliputi kontrol momen retak, kontrol momen batas, kontrol torsi, kontrol lendutan dan kontrol geser. Setelah selesai merencanakan bangunan atas, dilakukan perencanaan perletakan dan bangunan bawah yang berupa abutment dan pier serta pondasinya. Tendon yang digunakan pada jembatan ini bertipe VSL ASTM A 416-06 grade 270. Berdasar hasil perencanaan box girder, diperlukan tendon kantilever dengan jenis tendon 6-15-15 sejumlah 46 buah pada pelat atas box dan tendon servis dengan jenis tendon 6-27-27 sejumlah 30 buah pada pelat bawah box. Perletakan yang digunakan adalah produk POT bearing dari TENSA dan hasil desain sendiri. Desain abutment dengan tinggi 8.6 m, lebar 13.5 m, tebal breastwall 2.3 m, lebar pilecap 21.6 m, panjang pilecap 15.6 m, tebal pilecap 1.5 m dengan 35 buah tiang borepile diameter 1.2 m sedalam 60 m. Desain pilar berongga dengan lebar 5 m, panjang 7.5 m, tebal dinding 0.8 m, lebar pilecap 28.2 m, panjang pilecap 22.2 m, tebal pilecap 1.5 m dengan 63 buah tiang borepile diameter 1.4 m sedalam 60 m.
===============================================================================================================================
Sirnoboyo bridge is located at South Coast Road (Jalan Pantai Selatan) between Ploso-Sirnoboyo, Pacitan Regency, East Java. Initially, this bridge was designed using prestressed I-girder which consisted of 6 spans with total length of 230.4 m and longest span 42.9 m. In this final assignment, Sirnoboyo Bridge is designed using precasted box girder with total length of 230.4 meters which consists of 3 spans, with 67.2 meters, 96 meters and 67.2 meters each. In particular, the use of long span bridges can decrease the amount of pillars on river body, meanwhile there were 2 pillars of Sirnoboyo Bridge which are located on the river body and potentially lead to local scouring around those pillars. The method used for Sirnoboyo Bridge construction is the balanced cantilever system, because this system is one of the most economical method in segmental construction and is efficient for long span and medium span bridges.
In this final assignment, Midas Civil software is used in structural analysis. Structural analysis is considered in construction stage and service condition, which is classified as statically indeterminate structure. Bridge is designed based on RSNI T-12-2004, the load analysis refers to SNI 1725:2016 and seismic load for bridges refers to RSNI 2833:201X. After internal forces for each stage is obtained, the prestress load and tendons are defined. Then we estimate box reinforcement, calculate the prestress loss and control the structural stability which consists of crack moment, ultimate moment, torsion, chamber and shear. After the superstructure design, the bearings and substructure in terms of abutments, piers and also the footings are designed as well. The type of tendon used in this bridge is VSL ASTM A 416-06 grade 270. Based on the design of box girders, the amount of cantilever tendons with the type of 6-15-15 needed is 46 pieces which are placed inside the upper plate of the box girder and the amount of service tendons with the type of 6-27-27 needed is 30 pieces which are placed inside the bottom plate of the box girder. Bearings used on the structure are POT bearing products from TENSA and by design. Abutments are designed with the height 8.6 m, width 13.5 m, breastwall thickness 2.3 m, pilecap thickness 21.6 m, pilecap length 15.6 m, pilecap thickness 1.5 m and 35 borepiles with diameter of 1.2 m and 60 m in depth. The piers are designed hollow with the width of 5 m, length 7.5 m, wall thickness 0.8 m, pilecap width 28.2 m, pilecap length 22.2 m, pilecap thickness 1.5 m and 63 borepiles with diameter of 1.4 m and 60 m in depth.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: beton pratekan, box girder, balanced cantilever, precast segmental
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA658 Structural design
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA681 Concrete construction
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA683 Precast concrete construction. Prestressed concrete construction.
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Environmental Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Naura Assyifa Salma
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:05
Last Modified: 18 Jul 2024 02:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68805

Actions (login required)

View Item View Item