Analisis Kinerja dan Penjadwalan Ulang Proyek Pembangunan Dermaga

Kanantyo, Yusuf Ariadna (2019) Analisis Kinerja dan Penjadwalan Ulang Proyek Pembangunan Dermaga. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311540000135-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04311540000135-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sebagai pelabuhan tersibuk dan terbesar di Indonesia, Pelabuhan Tanjung Priok memegang peranan yang sangat penting dalam industri maritim Indonesia. Untuk mengoptimalkan kinerja pelabuhan, maka dibangunlah dermaga baru. Ketepatan waktu dalam penyelesaian proyek pembangunan dermaga ini harus sangat diperhatikan mengingat vitalnya Pelabuhan Tanjung Priok. Namun dari data yang didapatkan, terdapat indikasi proyek ini mengalami keterlambatan. Pada progres minggu ke-23 dari total 61 minggu, bobot aktualnya hanya sebesar 19.64%. Lebih kecil dari progres rencananya yang sebesar 28.64%. Dengan adanya indikasi ini, penelitian terkait kinerja waktu dan biaya proyek serta perkiraan durasi dan biaya akhir proyek perlu dilakukan. Tidak hanya itu, penjadwalan ulang dengan pemampatan waktu menggunakan metode crashing dengan penambahan jam lembur dilakukan untuk melihat seberapa cepat proyek dapat dipercepat. Dalam tugas akhir ini digunakan metode Earned Value Analysis (EVA) dan Precedence Diagram Method (PDM). Dari hasil analisis menggunakan metode Earned Value Analysis, didapatkan Schedule Performance Index sebesar 0.6858 dan Cost Performance Index sebesar 0.9474. Lebih lanjut, hasil dari analisis perkiraan waktu dan biaya akhir menunjukkan waktu akhir proyek mengalami keterlambatan menjadi 623 hari dan pembengkakan biaya menjadi Rp189,390,468,728.48. Hasil analisis penjadwalan ulang menggunakan metode PDM dengan pemampatan waktu menunjukkan bahwa proyek dapat dipercepat 3 hari.
==============================================================================================================================
Being the largest and busiest port in Indonesia, Port of Tanjung Priok holds a very important role for the maritime industry in Indonesia. A new dock is built to optimize its performance. The time accuracy of the completion from this dock construction project needs a really good supervision considering the vital role of Port of Tanjung Priok. In reality, data gathered from this project indicates a delay. On week 23rd from a total of 61 week, the actual progress is only 19.64%. Smaller than the planned progress which is 28.64%. With this indication, a study regarding the schedule and cost performance needs to be done. Also, a rescheduling with time compression using crashing method by adding the overtime hour is done to find how fast the project can be rescheduled. Earned Value Analysis method and Precedence Diagram Method are used in this undergraduate thesis. Earned Value Analysis shows the schedule performance index of this project is 0.6858 and the cost performance index is 0.9474. Moreover, the analysis of the estimation of time at completion and cost at completion show a delay in this project to 623 days and an increasing cost up to Rp189,390,468,728.48. The result from rescheduling analysis using Precedence Diagram Method with project crashing shows that the project can be accelerated by 3 days.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Earned Value Analysis, Precedence Diagram Method, Crashing, perkiraan waktu akhir, perkiraan biaya akhir
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Kanantyo Yusuf Ariadna
Date Deposited: 26 Jun 2024 07:05
Last Modified: 26 Jun 2024 07:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68837

Actions (login required)

View Item View Item