Analisa Sistem Buka Tutup Ramp Door Dengan Memvariasikan Bentuk Plate Sheet Pada Ramp Door Menggunakan Sandwich Plate Pada Kapal Roro 1140 GT

Majid, Miftah Fauzi (2019) Analisa Sistem Buka Tutup Ramp Door Dengan Memvariasikan Bentuk Plate Sheet Pada Ramp Door Menggunakan Sandwich Plate Pada Kapal Roro 1140 GT. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211745000017-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211745000017-Undergraduate_Theses.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Konstruksi sangat berpengaruh pada komponen kapal, salah satu akibat dari adanya konstruksi adalah berat komponen itu sendiri. Pada ramp door dengan menggunakan Sandwich Plate System (SPS) dapat mengurangi konstruksi memanjang maupun melintang pada konstruksi ramp door konvensional, karena beban yang diterima oleh konstruksi memanjang maupun melintang dipindahkan pada Sandwich Plate sehingga walaupun mengurangi konstruksi tetapi masih dapat menerima beban yang sama dalam batas toleransi. Tujuan dilakukan analisa ini agar mengurangi beban ramp door sehingga dapat lebih efisien dalam pembuatan dan penggunaan dalam proses buka dan tutup ramp door hal ini bertujuan untuk mendapatkan power hidrolik yang makin kecil, sehingga beban untuk main generator tidak besar. Terbukti dalam penelitian ini ramp door tipe konvensional mempunyai berat 7,5 ton sedangkan dengan menggunakan SPS hanya 4,8 ton. Sehingga diharapkan akan lebih efisien dalam segi teknis. Hasil yang didapat dari memvariasi bentuk plate adalah perbandingan dari system 1 yang mana menggunakan winch dan system 2 yang menggunakan system engsel atau piston dengan kecepatan buka-tutup yang sama yaitu 32 detik, dari perhitungan yang telah dilakukan terdapat perbedaan power yang dibutuhkan. Pada system 1 dengan ramp door konvensional adalah 16 kW dan pada ramp door SPS adalah 9,5 kW. Sedangkan pada system kedua power yang dibutuhkan pada ramp door konvensional adalah 12,2 kW dan pada ramp door SPS adalah sebesar 8,6 kW. System dengan menggunakan engsel/piston sedikit lebih kecil pada tenaga yang dibutuhkan.
=================================================================================================================================
The construction of a ramp door using a Sandwich Plate System (SPS) can reduce the longitudinal and transverse construction of conventional ramp door construction, because the load received is transferred to the Sandwich Plate so that although it reduces construction but can still accept the same load within the tolerance limit. The purpose of analysis is so that the process of opening and closing the ramp door is faster and requires a small hydraulic system, so that the load to play the generator is not large. Evidently in this study the conventional type of door ramp has a weight of 7.5 tons while using SPS only 4.8 tons. So that it is expected to shorten the loading and unloading process while at the port and accelerate the departure of a passenger ship. The results obtained from varying plate shapes are comparisons of system 1 which uses a winch and system 2 that uses a system of hinges or pistons with the same opening and closing speed of 32 seconds, from the calculations that have been made there are differences in the power needed. In system 1 with a conventional ramp door is 16 kW and at SPS door ramp is 9.5 kW. Whereas in the second system the power required for a conventional ramp door is 12.2 kW iii and at the SPS door ramp is 8.6 kW. The system using a hinge / piston is slightly smaller on the power needed.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSP 620.118 Maj a-1 2019
Uncontrolled Keywords: Ramp Door, Sandwich Plate System, Winch, Engsel, Piston
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Miftah Fauzi Majid
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:49
Last Modified: 13 Jun 2024 07:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68857

Actions (login required)

View Item View Item