Studi Konfigurasi Tipe Steel Catenary Riser Terhadap Kekuatan Riser Dengan Variasi Kedalaman Laut Dan Diameter Pipa Riser

Arifin, Aldi Megantara (2019) Studi Konfigurasi Tipe Steel Catenary Riser Terhadap Kekuatan Riser Dengan Variasi Kedalaman Laut Dan Diameter Pipa Riser. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311540000121-Undergraduated_Thesis.pdf]
Preview
Text
04311540000121-Undergraduated_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Riser didefinisikan sebagai segmen vertikal (mendekati vertikal) pipa yang menghubungkan fasilitas di atas air dengan jaringan pipa bawah laut. Riser sangat dibutuhkan untuk mentransport gas atau crude oil dari fasilitas subsea ke struktur terapung yang berada di atasnya. Dalam penelitian ini dibahas mengenai analisis kekuatan steel catenary riser pada perbedaan kedalaman dengan variasi konfigurasi free hanging catenary dan lazy wave. Tinjauan khusus ini dilakukan untuk mengidentifikasi kekuatan konfigurasi steel catenary riser dengan beban gelombang pada perairan shallow water waves, intermediate depth waves, dan deep water waves dan dilihat pengaruh variasi diameter pipa riser selanjutnya akan didapatkan effective tension dan bending moment dari setiap riser, sehingga akhirnya akan diketahui kekuatan riser di setiap konfigurasi Kekuatan SCR ditinjau menggunakan metode yang terdapat pada DNV OS F201. Pengecekan kekuatan menggunakan resultan tegangan max von mises stress. Berdasarkan hasil yang diperoleh, tegangan max von mises terjadi pada area segbend dan terjadi pada riser dengan kedalaman laut dangkal dan diameter pipa terkecil.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Steel Catenary Riser, Free Hanging Catenary, Lazy Wave, Max Von Mises Stress
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aldi Megantara Arifin
Date Deposited: 24 Jun 2024 05:31
Last Modified: 24 Jun 2024 05:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68859

Actions (login required)

View Item View Item