Analisa Uji Nyala Api dan Perambatan Api dari Material Serat Sabut Kelapa (Cocus nucifera) dengan Perlakuan Kimia Alkali NaOH sebagai Alternatif Peredam Suara di Kapal

Pradani, Nasa Dityas Fariz (2019) Analisa Uji Nyala Api dan Perambatan Api dari Material Serat Sabut Kelapa (Cocus nucifera) dengan Perlakuan Kimia Alkali NaOH sebagai Alternatif Peredam Suara di Kapal. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211540000028-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04211540000028-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penggunaan peredam suara di kapal sampai saat ini masih banyak yang berbahan dasar glasswool. Dalam penggunaannya, glasswool memiliki dampak negatif bagi kesehatan yaitu dapat mengiritasi kulit dan menganggu pernafasan. Maka dari itu diperlukan bahan dasar alternatif peredam suara yang ramah lingkungan dengan kemampuan yang tidak kalah dengan peredam suara berbahan dasar glasswool dan juga dapat dimanfaatkan sebagai insulasi panas di dalam kapal. Bahan alternatif tersebut adalah bahan dari serat alam. Pada penelitian ini membuat peredam suara menggunakan bahan serat sabut kelapa dengan perlakuan perendaman larutan alakali NaOH. Material yang dipilih berdasarkan massa jenis, nilai ekonomis, dan kemudahan dalam proses pembuatan. Peredam suara dimodifikasi materialnya menggunakan sabut kelapa yang diberikan perlakuan perendaman larutan alkali NaOH dan air destilasi dengan prosentase 15%. Perendaman bertujuan untuk memghilangkan kandungan lignin dan memperbaiki sifat mekanis serat sabut kelapa. Pada penelitian ini dibuat 9 variasi dengan komposisi yang berbeda. Dilakukan pengujian berdasarkan ASTM E84 untuk mengetahui nilai titik nyala dan perambatan api yang aman di kapal. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa material sabut kelapa yang diberikan perlakuan perendaman larutan alkali NaOH dengan presentase 15% selama 2 jam dengan massa jenis 0,3 gr/cm3 dan tebal 30 mm dan menggunakan perekat polyurethane. Waktu untuk mencapai titik nyalanya diperoleh sebesar 20,45 detik dan suhu rata-rata perambatannya yang rendah jika dibandingkan dengan spesiemen yang lain termasuk glasswool. Kesimpulan yang didapatkan adalah peredam suara yang telah dimodifikasi ini aman bila digunakan di kapal.
=============================================================================================================================
The use of sound absorbers on many ships made from glasswool. Glasswool has a negative impact on health, which can irritate the skin and disrupt the respiratory system. Therefore, it is necessary to have an alternative sound insulation material that is eco friendly which has capabilities comparable to glasswool and can also be used as heat insulation on ships. These alternative ingredients are materials from natural fibers. This research made sound absorbers using coconut fiber by soaking fibers into an alkali NaOH solution. Materials are selected based on density, economic value, and easy in the manufacturing process. The sound absorbers are modified using coconut fiber which is given a soaking treatment of alkaline NaOH solution and distilled water with a percentage of 15%. Soaking aims to remove lignin content and improve the mechanical properties of coconut fiber. In this research, 9 variations were made with different compositions. Tests are based on ASTM E84 to determine the flashpoint value and the safe flame spread on the ship. From the test results, it was found that coconut coir material was given a soaking treatment of alkaline NaOH solution with a percentage of 15% for 2 hours with a density of 0.3 gr/cm3 and thickness 30 mm and using polyurethane adhesive. The time to reach the flashpoint is 20.45 seconds and the average temperature of flame spread is low when compared to other specimens including glasswool. The conclusion obtained is that the sound absorbers is safe when used on a ship.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Alkali NaOH, Perambatan Api, Peredam Suara, Sabut Kelapa, Titik Nyala
Subjects: V Naval Science > VK
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Pradani Nasa Dityas Fariz
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:57
Last Modified: 03 Jul 2024 06:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69060

Actions (login required)

View Item View Item