Analisis Fatigue Pada Tee Connection Menggunakan Simulasi Computational Fluid Dynamics (Cfd); Studi Kasus : East Java Gas Pipeline

Abdillah, Hadi (2019) Analisis Fatigue Pada Tee Connection Menggunakan Simulasi Computational Fluid Dynamics (Cfd); Studi Kasus : East Java Gas Pipeline. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211540000078_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211540000078_Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pipa gas bawah laut merupakan infrastruktur yang lebih efektif dan efisien digunakan untuk mentransportasikan gas alam di dunia ini dibandingkan dengan infrastruktur lainnya, sehingga lebih banyak digunakan. Dalam operasional pipa gas bawah laut mendapatkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerjanya, terdapat faktor eksternal seperti kondisi alam maupun aktivitas manusia. Selain itu terdapat faktor internal seperti internal yaitu kondisi pipa itu sendiri dan juga aliran di dalamnya. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap pengaruh aliran internal pipa tee connection terhadap tegangan struktur yang akhirnya akan mempengaruhi umur operasi pipa. Objek yang diteliti merupakan tee connection atau tie in berjenis converging tee pada East java gas pipeline yang dalam operasinya sering mengalami tekanan operasional tinggi sehingga diperlukan sebuah penelitian terhadap umur sisa operasi. Dalam penelitian ini menggunakan simulasi aliran menggunakan pernagkat lunak CFD dan didapatkan tekanan maksimum yang bekerja pada dinding pipa mencapai 7.07 MPa, serta didapatkan pola aliran dan kecepatan aliran maksimum mencapai 235.2 m/s. analisis terhadap tekanan yang dihasilkan dikarenakan terjadinya tubrukan (momentum) antara 2 aliran pipa yang memiliki perbedaan tekanan dan kecepatan aliran. Kemudian dilakukan simulasi tegangan struktur statis dan menghasilkan tegangan mencapai 202.34 Mpa. Setelah itu, didapatkan umur operasi pipa hingga mengalami kelelahan menggunakan standar DNV-GL C203, DNV-GL OS C101 mencapai 3.5 tahun.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fatigue, offshore, CFD, DNV-GL
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Hadi Abdillah
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:29
Last Modified: 01 Jul 2024 07:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69116

Actions (login required)

View Item View Item