Penilaian Risiko Potensi Kebakaran Dan Ledakan Pada Floating Storage Regasification Unit (FSRU)

Baskoro, Dionisius Hugo (2019) Penilaian Risiko Potensi Kebakaran Dan Ledakan Pada Floating Storage Regasification Unit (FSRU). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211540000076_Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
04211540000076_Undergraduate-Theses.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Dalam memenuhi kebutuhan pasokan listrik di Indonesia, pemerintah Indonesia berupaya dengan memanfaatkan sektor minyak dan gas bumi (migas). Laporan Dirjen Migas tahun 2017 menyebutkan bahwa cadangan gas bumi status per Januari 2017 mencapai 142.72 Ton Standard Cubic Feet (TSCF), sehingga terdapat potensi untuk memanfaatkan sektor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada subbagian gas dengan baik. Salah satu jenis gas yang menjadi terobososan masa kini adalah Liquefied Natural Gas (LNG). Karateristik utama pada LNG adalah dapat ditransfer dengan volume yang lebih banyak dengan ketentuan suhu dan tekanan tertentu. Untuk menunjang proses kegiatan pada LNG dibutuhkan fasilitas tertentu. Salah satu fasilitias penunjang kegiatan LNG adalah Floating Storage Regasification Unit (FSRU). Saat FSRU melakukan kegiatan operasional terdapat beberapa potensi bahaya yang dapat mengancam kerusakan terhadap peralatan, lingkungan dan manusia. Salah satu potensi bahaya yang ada adalah kebakaran dan ledakan. Untuk mengetahui potensi ledakan dan kebakaran pada FSRU diperlukan penilaian risiko. Tugas akhir ini membahas tentang penilaian risiko pada FSRU sistem loading arms & crossover dan gas export & metering. Penilaian risiko dilakukan dalam beberapa tahapan, diawali dengan melakukan identifikasi bahaya menggunakan Hazard and Operability (HAZOP) dilanjutkan dengan melakukan analisa frekuensi kejadian bahaya dari sistem yang dianalisa meggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA) dan Event Tree Analysis (ETA) untuk mengetahui jenis potensi bahaya dan frekuensinya. Selanjunya adalah melakukan analisa konsekuensi dengan menggunakan fire modelling software, sehingga hasil dari penilaian risiko dapat dilakukan pemetaan tingkat risiko menggunakan f-N Curve standar UK Offshore untuk mengetahui jumlah konsekuensi manusia yang terdampak akibat bahaya yang terjadi. Apabila pemetaan risiko menunjukkan kondisi unacceptable maka perlu dilakukan tindakan mitigasi dengan metode Layers of Protection Analysis (LOPA). Hasil penilaian risiko menujukan bahwa potensi bahaya kebakaran yang terjadi pada FSRU sistem loading arms & crossover dan gas export & metering adalah jet fire, flash fire dan gas dispersion dengan masing-masing skenario kebocoran small bore (10-50mm), medium bore (50-150mm) dan full bore (>150mm). Hasil analisa konsekuensi menggunakan fire modelling software menujukkan hasil permodelan berbagai bentuk api dan daerah yang terkena dampaknya. Berdasarkan pemetaan risiko pada setiap bahaya yang terjadi, hasil menujukkan bahwa penilian risiko yang dilakukan berada pada kondisi acceptable dan As Low As Reasonably Practicable (ALARP). Dari hasil pemetaan risiko yang dilakukan, mitigasi tidak diperlukan dalam penelitian ini.
=============================================================================================================================
In meeting the electricity supply needs in Indonesia, the Indonesian government seeks to utilize the oil and gas sector. The 2017 Director General of Oil and Gas reports that natural gas reserves as of January 2017 reached 142.72 tons of Standard Cubic Feet (TSCF), so there is the potential to utilize the Ministry of Energy and Mineral Resources sector in the gas subsection well. One type of gas that has become a breakthrough nowaday is Liquefied Natural Gas (LNG). The main characteristic of LNG is that it can be transferred with more volume with certain conditions of temperature and pressure. To support the activity process for LNG certain facilities are needed. One of the supporting facilities for LNG activities is the Floating Storage Regasification Unit (FSRU). When the FSRU conducts operational activities there are several potential hazards that can threaten damage to equipment, the environment and humans. One potential hazard is fire and explosion. To find out the potential for an explosion and fire at the FSRU a risk assessment is needed. This final project discusses the risk assessment of the FSRU loading arms & crossover system and gas export & metering. Risk assessment is carried out in several stages, beginning with identifying hazards using Hazard and Operability (HAZOP) followed by analyzing the frequency of hazard events from the system analyzed using the Fault Tree Analysis (FTA) and Event Tree Analysis (ETA) methods to determine the types of potential hazards and frequency. Next is to do a consequence analysis using fire modeling software, so that the results of the risk assessment can be carried out risk level mapping using UK Offshore f-N Curve standards to determine the number of human consequences affected by the danger that occurs. If the risk mapping shows an unacceptable condition, it is necessary to carry out mitigation actions using the Layers of Protection Analysis (LOPA) method. The results of the risk assessment indicate that the potential fire hazard that occurs in the FSRU loading arms & crossover system and gas export & metering are jet fire, flash fire and gas dispersion with each small bore (10-50mm) leakage scenario, medium bore (50- 150mm) and full bore (> 150mm). The results of the consequence analysis using fire modeling software show the results of modeling various forms of fire and the area affected. Based on the risk mapping at each hazard that occurs, the results show that the risk assessment carried out is in acceptable conditions and as Low As Reasonably Practicable (ALARP). From the results of the risk mapping carried out, mitigation is not needed in this study.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: FSRU, Fire Assessment, Penilaian Risiko, HAZOP, FTA, ETA, Fire Modelling, f-N Curve , LOPA.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dionisius Hugo Baskoro
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:52
Last Modified: 03 Jul 2024 01:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69119

Actions (login required)

View Item View Item