Analisis Transient Tegangan Pada Kapal Dynamic Positioning Dalam Rangkaian Tertutup Berbasis Skala Laboratorium

Ichwan, Mochamad Nur (2019) Analisis Transient Tegangan Pada Kapal Dynamic Positioning Dalam Rangkaian Tertutup Berbasis Skala Laboratorium. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211540000031_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211540000031_Undergraduate_Theses.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kapal yang dilengkapi dengan sistem dynamic positioning memiliki jumlah thuster yang lebih banyak dibanding dengan kapal yang tidak dilengkapi dengan sistem dynamic positioning. Penambahan thruster ini mengakibatkan pertambahan beban listrik yang signifikan sehingga perlu dilakukan penambahan pembangkit listrik pada kapal. Dynamic positioning system merupakan suatu sistem yang digunakan untuk mendukung pekerjaan kapal di lepas pantai yang terdiri dari kumpulan peralatan serta sistem kontrol yang bekerja secara bersamaan guna menjaga posisi dari suatu kapal sesuai dengan ordinat yang telah diinput ke dalam sistem. Pemasangan dynamic positioning system pada kapal mempengaruhi sistem kelistrikan kapal tersebut. Dalam pengoperasian sistem kelistrikan di kapal ditemukan gangguan-gangguan yang muncul salah satunya adalah gangguan transiet yang menyebabkan berubahnya nilai tegangan dan frekuensi dalam waktu yang singkat. Transient tegangan terjadi dalam waktu beberapa detik dimana saat itu kondisi sistem tidak stabil. Pada penelitian ini dilakukan dalam skala laboratorium dengan memodelkan rangkaian dari kapal yang memiliki sistem tersebut dengan peralatan yang ada laboratorium dimana gangguan transient yang terjadi disebabkan adanya starting motor sehingga dilakukan analisis terhadap besarnya tegangan dan frekuensi dalam skenario yang telah ditentukan serta mencari solusi untuk memperbaiki gangguan yang muncul yang melebihi standart. Dalam percobaan dilakukan beberapa perubahan konfigurasi dan didapatkan hasil bahwa konfigurasi split plant 1 generator thruster memiliki kestabilan sistem yang baik yang mampu mencapai kondisi stabil dengan pembebanan 50%. Sedangkan pada pembebanan 60% kestabilan sistem tidak stabil dan dapat ditingkatkan lagi dengan penambahan pemasangan kapasitor.
==============================================================================================================================
Ships equipped with a dynamic positioning system has a more number of thuster than ships that are not equipped with a dynamic positioning system. The addition of this thruster resulted in a significant increase in electrical loads so that the power plant will be added to the vessel. Dynamic Positioning System is a system used to support the work of the offshore vessels consisting of a collection of equipment and control systems that work simultaneously to maintain the position of a vessel in accordance with the Ordinance Input into the system. Installation of the dynamic positioning system on the vessel affects the electrical system of the vessel. In the operation of electrical system on the vessel found the disturbances that arise one of them is transient interference that causes the change of voltage and frequency value in a short time. A Transient voltage occurs within a few seconds where the system conditions are unstable. The research was conducted in a laboratory scale by modeled a series of vessels that have the system with existing laboratory equipment where transient interference occurred due to the starting motor so that it is done Analysis of the magnitude of the voltage and frequency in the specified scenario as well as finding a solution to correct emerging interference that exceeds the standard. In the experiments made some configuration changes and obtained the result that the configuration of Split Plant 1 generator thruster has good system stability capable of achieving a stable condition with a loading of 50%. As for the loading of 60% stability of the system is unstable and can be improved again with the addition of capacitor.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: sistem dynamic positioning, transient tegangan
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3030 Electric power distribution systems
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mochamad Nur Ichwan
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:51
Last Modified: 03 Jul 2024 02:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69322

Actions (login required)

View Item View Item