Umayroh, Nur Fariska (2019) Perancangan Komik Digital Berbasis Aplikasi Android Mengenai Akhlak Berdasarkan Nilai Pilar Rukun Islam Sebagai Media Parenting Untuk Anak Usia 7-9 Tahun. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
08311340000133 -Undergraduate_Theses.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Di Indonesia, terdapat keluarga muslim sebanyak 85%. Bermakna bahwa generasi penerus bangsa ini mayoritas berasal dari keluarga muslim. Pendidikan akhlak merupakan ajaran Islam yang telah digariskan oleh mayoritas ulama sebagai ajaran yang sangat penting dan mendasar. Pendidikan akhlak haruslah dimulai sejak anak dini, supaya anak tumbuh secara cerdas dan berakhlak mulia. Hal ini dapat dimulai dari lingkungan keluarga, karena keluarga merupakan lingkungan pembentukan karakter anak yang paling utama. Anak-anak sangat menyukai komik, juga memiliki karakter yang unik dan berkembang mengikuti zaman teknologi, sehingga membutuhkan rancangan media komik digital untuk belajar akhlak. Metode riset yang digunakan untuk perancangan ini adalah studi literatur yang lebih banyak mengacu kepada buku-buku yang membahas rukun islam dalam perspektif sosial masyarakat, studi eksisting, observasi semi wawancara, depth interview ke para ahli dan yang terakhir adalah user testing untuk menguji kelayakan media. Konsep dari perancangan ini adalah “Mudah Diucapkan, Sulit Dilakukan”. Konten dipresentasikan dengan gaya literasi yang sederhana dan visual yang menarik. Kata menarik karena menggunakan gaya ilustrasi kartun yang disukai anak-anak, terdapat nilai moral di setiap akhir cerita, terdapat latar musik dan komik dikemas dalam aplikasi mobile android. Perancangan akan menghasilkan aplikasi komik android tentang keseharian anak-anak usia sekolah dasar awal yang berjudul “Little Muslim: Rukun Islam” dengan genre slice of life untuk usia 7-9 tahun. Terdiri dari sepuluh judul cerita, setiap cerita memuat paling sedikit sepuluh halaman dan paling banyak tiga belas halaman. Satu halaman terdiri dari satu panel. Pesan akhlak di dalam komik Little Muslim disadur dari kandungan nilai-nilai pilar rukun islam. ============================================================================================================================
In Indonesia, there are 85% Muslim families. It means the majority of the nation’s next generation will come from Muslim families. Moral education is an Islamic education has been outlined by the majority of scholars as a very important and fundamental education. Moral education must be started from early, so the child grows smart and noble. It can be started from family, because family is most important creator of character development. The kids really likes comic, also has a unique character and evolve with the times of technology, thus requiring the design of digital comics media to learn morals. The research methods used for this design are literatures study refers books that discuss Islamic pillars in a social perspective, existing studies, semi-interview observations, depth interviews to experts and the last is user testing to test the feasibility of the media. The concept of this design is "Easy to Say, Hard to Do". Content is presented with a simple and visually appealing literacy style. The word of “interesting” because it uses the style cartoon illustrations that appeal to kids, there are moral values at each end of the story, there are background music and comics packaged in android mobile applications. The design will produce an android comic application about daily lifes of early elementary school-age children entitled "Little Muslim: Pillars of Islam" with the slice of life genre for ages 7-9 years. Consisting of ten story titles, each story contains at least ten pages and a maximum of thirteen pages. One page consists of one panel. The moral message in Little Muslim comics is adapted from the contents of the pillars of pillars of Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komik, edukasi, akhlak, rukun islam, aplikasi android, anak-anak. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Umayroh Nur Fariska |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 07:53 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 07:53 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/69463 |
Actions (login required)
View Item |