Studi Risiko Kecelakaan Menggunakan Metode Hirarc (Hazard Identification, Risk Assessment, And Risk Control ) Pada Perlintasan Sebidang Kereta Api Daop VIII Surabaya (Stasiun Pasar Turi -Surabaya Sampai Stasiun Babat- Lamongan)

Aminullah., Aulia Mutiara (2019) Studi Risiko Kecelakaan Menggunakan Metode Hirarc (Hazard Identification, Risk Assessment, And Risk Control ) Pada Perlintasan Sebidang Kereta Api Daop VIII Surabaya (Stasiun Pasar Turi -Surabaya Sampai Stasiun Babat- Lamongan). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 02311745000005_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02311745000005_Undergraduate_Theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keselamatan di perlintasan sebidang perlu diperhatikan lebih lanjut mengingat adanya risiko terjadinya kecelakaan. Berdasarkan hal tersebut, maka di perlintasan sebidang kereta api Daerah Operasional VIII Surabaya (Stasiun Pasar Turi-Surabaya sampai Stasiun Babat-Lamongan) perlu dilakukan analisis risiko untuk meningkatkan tingkat keselamatan pengguna perlintasan sebidang (baik kereta api maupun pengguna kendaraan lainnya). Hal ini tidak lepas dari rute Stasiun Pasar Turi-Surabaya sampai Stasiun Babat- Lamongan yang tergolong dengan rute kereta api cepat dan banyaknya perlintasan yang tidak dijaga oleh operator. Sehingga tentu akan mendatangkan risiko terjadinya kecelakaan apabila perlintasan sebidang tersebut tidak memenuhi faktor-faktor penunjang keselamatan. Oleh karena itu analisis ini dilakukan menggunakan metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control). Metode ini dimulai dengan mengidentifikasi bahaya dan risiko di tiga zona, selanjutnya berdasarkan hasil identifikasi dilakukan penilaian dan pengendalian risiko. Hasil identifikasi menunjukkan dari ketiga zona tersebut tingkat risiko yang tinggi terdapat pada zona I karena memiliki nilai tingkat risiko yang tinggi terbanyak. Setelah menganalisis risiko dilanjutkan dengan prediksi jumlah kecelakaan dan kerugian material. Hasil prediksi menggunakan regresi majemuk lebih baik karena perbedaan selisih dengan data aktual lebih sedikit dibandingkan dengan metode autoregressive. Rekomendasi yang diberikan pada perlintasan sebidang berupa pelengkapan pada fasilitas seperti rambu dan lain-lain, serta mengelola kembali petugas penjaga perlintasan sebidang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perlintasan Sebidang, Manajemen Risiko, HIRARC, Forecasting.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355 Traffic engineering
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aminullah Aulia Mutiara
Date Deposited: 25 Sep 2024 07:30
Last Modified: 25 Sep 2024 07:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69885

Actions (login required)

View Item View Item