Desain Mainan Edukatif Sebagai Media Pembelajaran dan Bermain Anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD)

Imtihany, Nailul (2019) Desain Mainan Edukatif Sebagai Media Pembelajaran dan Bermain Anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311540000014-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
08311540000014-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Angka penderita Autism Spectrum Disorder (ASD) dari tahun ketahun semakin meningkat. Pusat Data dan Statistik Pendidikan Indonesia mencatat pada tahun ajaran 2016/2017 jumlah siswa pendidikan luar biasa khusus kategori autisme di Indonesia berjumlah 10.785 jiwa. Hal tersebut menunjukkan bahwa autisme membutuhkan perhatian dan penanganan lebih supaya kemampuan penderita Autisme dapat lebih berkembang dengan baik. Penanganan terhadap autisme, khususnya pendidikan khusus pada SLB membutuhkan media belajar yang dapat membantu perkembangan kemampuan anak autisme berkembang secara optimal. Masalah utama yang tampak pada anak autistik adalah kurangnya kemampuan berinteraksi dan bersosial, juga daya tangkap terhadap materi pembelajaran yang. Penggunaan metode Applied Behavior Analysis (ABA) dan penerapan cooperative playing mampu menjadi media belajar yang efektif membantu perkembangan anak autis. Pengembangan perlu dilakukan terhadap fitur dan nilai nilai pembelajaran yang tertanam pada mainan edukatif. Pada penelitian ini, metode yang dilakukan adalah analisis kegiatan dan kebutuhan kegiatan belajar anak autisme untuk mendapatkan fitur dan gameplay yang tepat dan nantinya di integrasikan dengan teknologi sensor yang digunakan. Perancangan desain mainan edukatif untuk anak autis ini dilakukan dengan fokusan penerapan materi belajar dalam permainan, yang meningkatkan pemahaman terhadap materi, interaksi, serta motorik halus.
=============================================================================================================================
The number of Autism Spectrum Disorder (ASD) children is increased year by year. From Indonesian Education Data and Statistics Center noted that in 2016/2017 academic year, the number of special education students specifically on autism category in Indonesia was 10,785 peoples. This shows that autism requires more attention and treatment, so that the ability of patients with Autism can be better developed. Handling of autism, especially special education requires learning media that can help the ability of children with autism to develop optimally. The main problem of autism children is their ability to interact and socialize, and the ability to understand lessons. The use of Applied Behavior Analysis (ABA) method and the application of cooperative playing can be an effective learning media to help the development of autism children. Development needs to be done on the features and values of learning that are embedded in educational toys. In this study, the method that used are activities analysis to get what autism children needs and know the right features and gameplay, which later will be integrated with sensor technology. The gameplay of educational toy designs for autism children will be focused in the school lessons, because it will increased the understanding of the lessons, interactions, and fine motor skills.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Autisme, mainan edukatif, bermain kooperatif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1029.S53 Educational games. Simulation methods
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nailul Imtihany
Date Deposited: 08 Jul 2024 01:06
Last Modified: 08 Jul 2024 01:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70001

Actions (login required)

View Item View Item