Desain Lengan Prosthesis Bertenaga Tubuh (Mekanik) Untuk Tunadaksa Pangkal Bahu Dengan Konsep Cognitive, Dynamic Shape, Dan Interchangeability

Dhafin, Faizal Rezky (2019) Desain Lengan Prosthesis Bertenaga Tubuh (Mekanik) Untuk Tunadaksa Pangkal Bahu Dengan Konsep Cognitive, Dynamic Shape, Dan Interchangeability. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Laporan.pdf]
Preview
Text
Laporan.pdf

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of Laporan.docx] Text
Laporan.docx

Download (30MB)

Abstract

Pada tahun 2008, 80% dari amputi lengan di dunia terdapat pada negara berkembang. Amputasi lengan paling ekstrim adalah pada pangkal bahu. Karena amputasi tersebut telah menghilangkan artikulasi pada lengan tubuh sehingga prosthesis jenis trasksi masih cukup sulit. Mekanisme yang digunakan pada prosthesis traksi masih belum memberikan kemudahan saat digunakan sehingga untuk fenomena amputasi di pangkal bahu masih direkomendasikan menggunakan prosthesis mekatronik. Adapun prosthesis mekatronik yang bisa membantu mengembalikan fungsi tangan, namun membutuhkan biaya yang lebih tinggi sehingga tidak sesuai dengan negara berkembang yang rata-rata gajinya tidak banyak. Tangan prostesis bertenaga tubuh (mekanik) memiliki 3 bagian, yaitu harness yang berfungsi sebagai sabuk untuk mengikat tangan prostesis ke tubuh, yang kedua adalah socket yang berfungsi sebagai joint antara produk prostesis dengan tubuh, dan yang ketiga adalah badan prostsesis yang berfungsi sebagai pengganti tangan yang hilang. Namun, untuk beberapa harness yang digunakan juga masih memerlukan bantuan orang lain untuk mamakainya, sehingga pengguna terkesan kurang mandiri. Selain itu, sebagian besar socket yang digunakan juga masih menggunakan material yang kaku, sehingga kurang nyaman saat dipakai karena sering mengakibatkan panas dan berkeringat. Tujuan penelitian ini adalah mendesain sebuah tangan prosthesis jenis traksi yang memiliki kombinasi gerakan yang lebih simple namun memiliki fungsi yang sesuai dengan aktifitas para amputi pangkal bahu. Dan juga menghasilkan desain harness yang dapat dipasang sendiri oleh pengguna prosthesis. Serta menghasilkan socket yang lebih nyaman digunakan dimana memiliki artikulasi dan penggunaan bahan yang sesuai sehingga tidak mudah berkeringat. Dalam penelitian ini, metode rapid prototyping dan additive manufacturing dilakukan untuk mencapai konsep desain tangan prosthesis jenis traksi ini, dimana menggunakan konsep intercangeability, dynamic shape, and cognitive. Dengan konsep tersebut dapat menghasilkan tangan prosthesis jenis traksi yang lebih inovatif, fungsional dan mudah digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Prosthesis Tangan Traksi, Harness, Socket, mekanik, bertenaga tubuh, amputasi pangkal bahu
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS167 Costs, Industrial
T Technology > TS Manufactures > TS170 New products. Product Development
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Faizal Rezky Dhafin
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:07
Last Modified: 05 Jul 2024 02:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70201

Actions (login required)

View Item View Item