Perencanaan Penanganan Pemulihan Struktur Jetty Pada Jetty Ru Vi - Balongan

Bariza, Fauzan (2019) Perencanaan Penanganan Pemulihan Struktur Jetty Pada Jetty Ru Vi - Balongan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111540000125-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111540000125-Undergraduate_Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Struktur jetty merupakan bangunan beton bertulang yang bersentuhan langsung dengan air laut dapat mengalami kerusakan yang diakibatkan dari kondisi alam sehingga perlu ditinjau durabilitas struktur beton bertulang dan mampu dipertahankan sampai dengan usia rencana. Adanya faktor – faktor kerusakan yang menyebabkan struktur failure, diantaranya adalah penetrasi klorida, korosi, karbonasi.
Metode awal untuk menjawab permasalahan ini yaitu melakukan identifikasi masalah terlebih dahulu dari lokasi yang ditinjau sehingga bisa merumuskan suatu permasalahan sebagai tujuan dari analisis tugas akhir. Kemudian dilakukan studi literatur dan pengumpulan data yang dapat menunjang analisis penelitian. Metode yang digunakan untuk meninjau tiap kejadian apakah saling mempengaruhi ataupun tidak dengan menggunakan metode Fault Tree Analysis (FTA). Dari hasil tinjauan fault tree analysis, dilakukan analisis data untuk menentukan dari faktor – faktor tiap kejadian yang terjadi apakah menyebabkan failure atau tidak dengan melakukan perhitungan reliabilitas struktur. Dari hasil analisis diperoleh dua kemungkinan yang terjadi yaitu bertahan atau failure, jika faktor kerusakan dominan dapat mengakibatkan struktur jetty failure maka perlu dilakukan penanganan pemulihan.
Dari observasi yang dilakukan, faktor kerusakan pada dermaga jetty yang telah rusak disebabkan oleh penetrasi klorida, karbonasi, dan korosi sehingga mengakibatkan penurunan mutu beton yang dapat bertambah parah. Ada tiga tindakan altenatif yang berbeda antara lain mengurangi pemuatan layanan (tanpa perkuatan), memperbaiki pada bagian yang rusak dari komponen struktur, dan membangun struktur atas baru. Dan dari hasil analisis menggunakan Expected Monetary Value (EMV) dapat diambil alternatif 1 dengan harga 25,86 M yaitu dengan melakukan perbaikan keadaan struktur bagian atas dari dermaga jetty.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : struktur failure, fault tree analysis, reliabilitas struktur, expected monetary value.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA681 Concrete construction
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC205 Harbors--Design and construction.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fauzan Bariza
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:16
Last Modified: 09 Jul 2024 03:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70463

Actions (login required)

View Item View Item