Perencanaan Dan Pembuatan Peralatan Pengendali Sistem Komunikasi Data Paket Antar Komputer Dengan Teknik Multiple Access

Budi, Agus Setia (1990) Perencanaan Dan Pembuatan Peralatan Pengendali Sistem Komunikasi Data Paket Antar Komputer Dengan Teknik Multiple Access. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
2852200277-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Pada era informasi ini kemajuan teknologi komunikasi data berkembang dengan pesat sesuai tuntutan zaman. Kanal aloha merupakan salah satu sistem komunikasi data berbentuk paket, yang banyak digunakan dewasa ini karena sederhananya sistem yang digunakan, akibatnya throughput yang dihasilkan juga rendah. Agar tranmisi data kanal aloha mencapai daya guna yang tinggi maka perlu dibuatkan suatu protokol yang mempunyai fasilitas pass word, sehingga paket hanya diterima distasiun yang diinginkan demikian juga sebaliknya, hanya stasiun-stasiun terdaftar yang bisa menghubungi. Pendeteksian kesalahan, baik itu parity, over run ataupun framing adalah syarat utama agar data bisa diterima dengan baik. Pengendalian urutan data menggunakan metoda stop and wait yaitu sebuah blok data dikirimkan ke sebuah stasiun penerima dan pengirim tidak akan mengirimkan blok berikutnya bila tidak menerima Ack dari stasiun penerima. Dari perencanaan diatas dibuat protokol beserta perangkat keras maupun perangkat lunaknya yang format datanya hasil rancangan penyusun, dimana semuanya telah berhasil dibuat dan diperagakan dan berhasil melampaui target yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.398 Bud p 3990/H/91
Uncontrolled Keywords: Komunikasi data, transmisi data, protokol, parity, over run, framing
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Data Transmission Systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:28
Last Modified: 18 Sep 2019 02:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70778

Actions (login required)

View Item View Item