Analisis Pengaruh Promotion Mix Produk Indihome PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Regional V Jawa Timur Terhadap Keputusan Pembelian

Devika, Mutiara (2015) Analisis Pengaruh Promotion Mix Produk Indihome PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Regional V Jawa Timur Terhadap Keputusan Pembelian. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2511101008-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
2511101008-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. merupakan satu-satunya perusahaan
BUMN yang bergerak di bidang telekomunikasi di Indonesia. Salah satu produk
fixed broadband dari Telkom adalah produk IndiHome. IndiHome terdiri dari
telepon rumah, internet (Speedy) dan TV kabel (USeeTV). Surabaya termasuk
dalam wilayah attack yang menandakan persaingan yang terjadi sangat tinggi.
Persaingan yang sangat ketat ini mengakibatkan setiap perusahaan harus
mengoptimalkan sistem pemasaran yang dilakukan. Saat ini, target pelanggan
IndiHome masih belum tercapai. Salah satu upaya adalah meningkatkan efektifitas
komunikasi pemasaran yang saat ini telah dilakukan. Oleh karena itu, dilakukan
penelitian untuk melihat pengaruh promotion mix IndiHome terhadap keputusan
pembelian serta faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda dan Crosstab.
Regresi Linier Berganda digunakan untuk melihat pengaruh promotion mix
terhadap keputusan pembelian secara keseluruhan dan parsial. Crosstab digunakan
untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Hasil dari
penelitian adalah terdapat pengaruh signifikan dari promotion mix secara
keseluruhan terhadap keputusan pembelian IndiHome dari perspektif konsumen
IndiHome dan konsumen kompetitor. Variabel promotion mix yang mempengaruhi
keputusan pembelian adalah periklanan dan pemasaran langsung untuk perspektif
konsumen IndiHome dan promosi penjualan untuk perspektif konsumen kompetitor
IndiHome. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah pendapatan
dan pendidikan terakhir.
======================================================================================================
PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. is the only government-based
telecommunication services in Indonesia. One of the fixed broadband product from
Telkom is IndiHome. This program consists of house phone service, internet
service (Speedy), and cable TV (USeeTV). Surabaya is in the attack area, which
means a very tight competition is happening. This very tight competition resulted
in every company, so they must optimize the marketing system they had applied.
Currently, the customers target of IndiHome still not been achieved. One of the
effort is to improve the effectiveness of marketing communications that has been
done. Therefore, research’s done to look at the influence of IndiHome’s promotion
mix towards buying decision and factors that affect buying decision. The method
used in this research are Multiple Linear Regression and Crosstab. The Multiple
Linear Regression is used to see the influence of promotion mix towards buying
decision, partially and in all. Crosstab isused to see the factors that affect buying
decision. The result of this research is that there is significant influence towards
IndiHome buying decision from IndiHome consumer’s perspective and also from
competitors consumer’s perspective. The promotion mix variable that affected
buying decision are advertising and direct marketing for IndiHome’s consumer
perspective and sales promotion for consumer perspective of IndiHome’s
competitors. Factors that affect the buying decision are incomes and last education

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMB 658.82 Dev a
Uncontrolled Keywords: Home automation, promotion mix, keputusan pembelian, regresi linier berganda, crosstab.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.2 Personel Management
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 04 Oct 2019 07:10
Last Modified: 04 Oct 2019 07:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70993

Actions (login required)

View Item View Item