Redesain Interior Showroom Astra Bmw Surabaya Dengan Konsep Futuristik Industrial

Catya, Kanya (2016) Redesain Interior Showroom Astra Bmw Surabaya Dengan Konsep Futuristik Industrial. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3412100122-undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3412100122-paperpdf.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3412100122-presentationpdf.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mobilitas masyarakat Indonesia yang semakin tinggi dan tidak diiringi oleh kemajuan transportasi publik menyebabkan tingginya kebutuhan transportasi pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Kondisi ekonomi yang baik menyebabkan masyarakat kalangan atas ingin memiliki mobil premium. Di Indonesia, pasar mobil premium masih dikuasai oleh brand- brand mobil eropa. Mobil premium eropa tersebut antara lain Mercedez Bens, BMW, Volvo, Audi, dan Peugeot. Astra BMW terus berusaha meningkatkan kualitas perusahaan agar dapat memenuhi tuntutan masyarakat, oleh karena itu penambahan fasilitas- fasilitas dalam Showroom Astra BMW sangatlah penting. Metode yang digunakan dalam perancangan ini meliputi studi awal seperti studi eksisting, studi pustaka, studi pembanding, dan survey. Kemudian dilanjutkan dengan perancangan konsep desain yang mengarah kepada pradesain. Setelah itu baru dilakukan perancangan sehingga menghasilkan hasil akhir berupa konsep desain, gambar kerja interior, maket, animasi, gambar tiga dimensi (ilustrasi desain) dan rencana anggaran biaya (RAB). Konsep Futuristik Industrial merupakan konsep yang sesuai dengan karakteristik penggunanya serta berperan dalam usaha meningkatakan keputusan pembelian serta meningkatkan image dari perusahan Astra BMW. Penerapan konsep futuristik dapat dilihat dari pemilihan bentuk furnitur yang simpel dan asimetris, pemilihan warna dominasi putih, serta pencahayaan vibran. Konsep industrial dimunculkan dalam bentuk material metal, concrete, dan penggunaan warna netral seperti hitam dan abu-abu. Pada area resepsionis, furnitur menggunakan material metal dengan sentuhan pencahaayan warna vibran. Lantai pada area pamer menggunakan material concrete sebagai simulasi jalan raya dan display mobil menggunakan material metal dan akrilik dengan dominasi warna hitam. Area tunggu juga banyak menggunakan bentukan furnitur yang asimetris dengan dominasi warna putih. Dalam perancangan Tugas Akhir Redesain Interior Showroom Astra BMW Surabaya dengan Konsep Industrial Futuristik ini dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu (1) Redesain interior pada Showroom Astra BMW dapat meningkatkan keputusan pembelian penggunanya, (2) Konsep Futuristik Industrial merupakan konsep yang tepat dalam usaha meningkatkan image dari perusahan Astra BMW, serta (3) Fasilitas- fasilitas pendukung yang tepat dapat meningkatkan pelayanan bagi pengguna BMW selaku kalangan atas. =================================================== The mobility of people in Indonesia is getting higher and is not balanced by the progress of public transport which led to high demand for personal transportation such as motorbike and cars. Good economic conditions makes the upper classes want to have a premium car. In Indonesia, the premium car market is still dominated by European automobile brands. European premium cars include Mercedes Bens, BMW, Volvo, Audi and Peugeot. Astra BMW continues to improve the quality of the company to meet the demands of society, hence the addition of The facilities in Astra BMW Showroom is important. The method used in this design includes a pre-study such as existing studies, literature, comparative studies, and surveys. Then proceed with the design of the design concept that leads final result of the design concept, interior working drawings, mockups, animation, three-dimensional images (illustration design) and a budget plan. Industrial Futuristic concept is the right concept that match with Astra BMW users and it also higher their purchasing decisions and make greater impressions about Astra BMW corporate image. The application of futuristic concept can be seen from the simple and asymmetrical furniture, white color domination, and vibrant lighting. Industrial concept raised by metallic materials, concrete, and neutral colors like black and gray. At the receptionist area, the furniture using metal materials with a touch of vibrant color lighting. At the showroom, flooring is using concrete materials as simulation of highway and car display materials using the metal and acrylic with domination of black. And at waiting area, the furniture is assymetrical and dominated by whites. In this Interior Redesign of Astra BMW Showroom Surabaya with the concept of Industrial Futuristic can be drawn some conclusions: (1) Redesign of the interior at the Showroom Astra BMW can improve purchasing decisions users, (2) Concept Futuristic Industrial is the right concept in an effort to improve the image of Astra company BMW, and (3) the facilities appropriate support to improve services for users of BMW as the upper classes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDI 747.852 Cat r showroom
Uncontrolled Keywords: showroom, BMW, futuristik industrial
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
T Technology > TH Building construction
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 08 Oct 2019 02:03
Last Modified: 08 Oct 2019 02:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71037

Actions (login required)

View Item View Item