Redesain Interior Showroom Astra Bmw Surabaya Dengan Konsep Futuristik Industrial

Catya, Kanya (2016) Redesain Interior Showroom Astra Bmw Surabaya Dengan Konsep Futuristik Industrial. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3412100122-undergraduate-theses.pdf]
Preview
Text
3412100122-undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 3412100122-paperpdf.pdf]
Preview
Text
3412100122-paperpdf.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of 3412100122-presentationpdf.pdf]
Preview
Text
3412100122-presentationpdf.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mobilitas masyarakat Indonesia yang semakin tinggi dan tidak diiringi oleh
kemajuan transportasi publik menyebabkan tingginya kebutuhan transportasi pribadi
seperti sepeda motor atau mobil. Kondisi ekonomi yang baik menyebabkan
masyarakat kalangan atas ingin memiliki mobil premium. Di Indonesia, pasar mobil
premium masih dikuasai oleh brand- brand mobil eropa. Mobil premium eropa
tersebut antara lain Mercedez Bens, BMW, Volvo, Audi, dan Peugeot. Astra BMW
terus berusaha meningkatkan kualitas perusahaan agar dapat memenuhi tuntutan
masyarakat, oleh karena itu penambahan fasilitas- fasilitas dalam Showroom Astra
BMW sangatlah penting.
Metode yang digunakan dalam perancangan ini meliputi studi awal seperti
studi eksisting, studi pustaka, studi pembanding, dan survey. Kemudian dilanjutkan
dengan perancangan konsep desain yang mengarah kepada pradesain. Setelah itu baru
dilakukan perancangan sehingga menghasilkan hasil akhir berupa konsep desain,
gambar kerja interior, maket, animasi, gambar tiga dimensi (ilustrasi desain) dan
rencana anggaran biaya (RAB).
Konsep Futuristik Industrial merupakan konsep yang sesuai dengan
karakteristik penggunanya serta berperan dalam usaha meningkatakan keputusan
pembelian serta meningkatkan image dari perusahan Astra BMW. Penerapan konsep
futuristik dapat dilihat dari pemilihan bentuk furnitur yang simpel dan asimetris,
pemilihan warna dominasi putih, serta pencahayaan vibran. Konsep industrial
dimunculkan dalam bentuk material metal, concrete, dan penggunaan warna netral
seperti hitam dan abu-abu. Pada area resepsionis, furnitur menggunakan material
metal dengan sentuhan pencahaayan warna vibran. Lantai pada area pamer
menggunakan material concrete sebagai simulasi jalan raya dan display mobil
menggunakan material metal dan akrilik dengan dominasi warna hitam. Area tunggu
juga banyak menggunakan bentukan furnitur yang asimetris dengan dominasi warna
putih.
Dalam perancangan Tugas Akhir Redesain Interior Showroom Astra BMW
Surabaya dengan Konsep Industrial Futuristik ini dapat diambil beberapa kesimpulan
yaitu (1) Redesain interior pada Showroom Astra BMW dapat meningkatkan
keputusan pembelian penggunanya, (2) Konsep Futuristik Industrial merupakan
konsep yang tepat dalam usaha meningkatkan image dari perusahan Astra BMW,
serta (3) Fasilitas- fasilitas pendukung yang tepat dapat meningkatkan pelayanan bagi
pengguna BMW selaku kalangan atas.
===================================================
The mobility of people in Indonesia is getting higher and is not balanced by
the progress of public transport which led to high demand for personal transportation
such as motorbike and cars. Good economic conditions makes the upper classes want
to have a premium car. In Indonesia, the premium car market is still dominated by
European automobile brands. European premium cars include Mercedes Bens, BMW,
Volvo, Audi and Peugeot. Astra BMW continues to improve the quality of the
company to meet the demands of society, hence the addition of The facilities in Astra
BMW Showroom is important.
The method used in this design includes a pre-study such as existing studies,
literature, comparative studies, and surveys. Then proceed with the design of the
design concept that leads final result of the design concept, interior working drawings,
mockups, animation, three-dimensional images (illustration design) and a budget
plan.
Industrial Futuristic concept is the right concept that match with Astra BMW
users and it also higher their purchasing decisions and make greater impressions about
Astra BMW corporate image. The application of futuristic concept can be seen from
the simple and asymmetrical furniture, white color domination, and vibrant lighting.
Industrial concept raised by metallic materials, concrete, and neutral colors like black
and gray. At the receptionist area, the furniture using metal materials with a touch of
vibrant color lighting. At the showroom, flooring is using concrete materials as
simulation of highway and car display materials using the metal and acrylic with
domination of black. And at waiting area, the furniture is assymetrical and dominated
by whites.
In this Interior Redesign of Astra BMW Showroom Surabaya with the concept
of Industrial Futuristic can be drawn some conclusions: (1) Redesign of the interior at
the Showroom Astra BMW can improve purchasing decisions users, (2) Concept
Futuristic Industrial is the right concept in an effort to improve the image of Astra
company BMW, and (3) the facilities appropriate support to improve services for
users of BMW as the upper classes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDI 747.852 Cat r showroom
Uncontrolled Keywords: showroom, BMW, futuristik industrial
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
T Technology > TH Building construction
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 08 Oct 2019 02:03
Last Modified: 08 Oct 2019 02:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71037

Actions (login required)

View Item View Item