Studi Tahanan Kapal : Perbandingan Perhitungan Komponen Tahanan Kapal Menggunakan Rumusan Empiris Dan Hasil Uji Model

Salim, Agus (2001) Studi Tahanan Kapal : Perbandingan Perhitungan Komponen Tahanan Kapal Menggunakan Rumusan Empiris Dan Hasil Uji Model. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4195100035-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (36MB) | Preview

Abstract

Pesatnya kemajuan dalam industri perkapalan akan berpengaruh pula terhadap bertambahnya masalah-masalah yang dihadapi oleh para perancang kapal. Salah satu masalah penting yang dihadapi oleh para perancang kapal adalah bagaimana mendesain suatu bentuk kapal yang memiliki tahanan optimal baik itu tahanan terhadap air ataupun tahanan terhadap udara. Banyak ahli dalam bidang hidrodinamika seperti Holtrop, Taylor, Froude, Hughes dan sebagainya berusaha untuk merumuskan metode perhitungan tahanan kapal yang baik dalam artian benar-benar memperhitungkan komponen-komponennya. Dalam tugas akhir ini dilakukan perbandingan dari beberapa metode perhitungan tahanan kapal yaitu Metode Holtrop, Metode Modern MARIN , Metode Ekstrapolasi Froude serta Metode Hughes yang berupa modifikasi rumusan dasar dari Hughes dengan rumusan-rumusan dari Schoenherr, Prandtl, Hughes, ITTC, dan Geberrs untuk rumusan koeffisien tahanan geseknya, rumusan Scholz dan Granville untuk rumusan koeffisien tahanan kekentalannya, dan rumusan Rassel dan Eggers untuk menghitung koeffisien tahanan gelombangnya. Hasil perhitungan dari masingmasing metode tersebut dibandingkan dengan acuan data Sea Trial, untuk kemudian dianalisa. Kesimpulan secara umum dari tugas akhir ini yaitu bahwa metode yang paling baik dalam artian paling memperhitungkan komponen tahanan kapal adalah metode dari Hughes yang menghasilkan harga tahanan kapal yang paling kecil bila dibandingkan dengan hasil ketiga metode yang lain. Selisih hasil perhitungan tahanan yang besar dengan harga Sea Trial disebabkan kurangnya koreksi yang harus diterapkan pada hasil Sea Trial, di mana koreksi yang diterapkan hanya koreksi terhadap sarat kapal saja sehingga hasil Sea Trial memiliki harga yang besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.81 Sal s
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 09 Oct 2019 07:24
Last Modified: 09 Oct 2019 07:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71084

Actions (login required)

View Item View Item