Studi Tahanan Kapal : Perbandingan Perhitungan Komponen Tahanan Kapal Menggunakan Rumusan Empiris Dan Hasil Uji Model

Salim, Agus (2001) Studi Tahanan Kapal : Perbandingan Perhitungan Komponen Tahanan Kapal Menggunakan Rumusan Empiris Dan Hasil Uji Model. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4195100035-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4195100035-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (36MB) | Preview

Abstract

Pesatnya kemajuan dalam industri perkapalan akan berpengaruh pula terhadap
bertambahnya masalah-masalah yang dihadapi oleh para perancang kapal. Salah satu
masalah penting yang dihadapi oleh para perancang kapal adalah bagaimana
mendesain suatu bentuk kapal yang memiliki tahanan optimal baik itu tahanan
terhadap air ataupun tahanan terhadap udara. Banyak ahli dalam bidang hidrodinamika
seperti Holtrop, Taylor, Froude, Hughes dan sebagainya berusaha untuk merumuskan
metode perhitungan tahanan kapal yang baik dalam artian benar-benar
memperhitungkan komponen-komponennya.
Dalam tugas akhir ini dilakukan perbandingan dari beberapa metode
perhitungan tahanan kapal yaitu Metode Holtrop, Metode Modern MARIN , Metode
Ekstrapolasi Froude serta Metode Hughes yang berupa modifikasi rumusan dasar dari
Hughes dengan rumusan-rumusan dari Schoenherr, Prandtl, Hughes, ITTC, dan
Geberrs untuk rumusan koeffisien tahanan geseknya, rumusan Scholz dan Granville
untuk rumusan koeffisien tahanan kekentalannya, dan rumusan Rassel dan Eggers
untuk menghitung koeffisien tahanan gelombangnya. Hasil perhitungan dari masingmasing
metode tersebut dibandingkan dengan acuan data Sea Trial, untuk kemudian
dianalisa. Kesimpulan secara umum dari tugas akhir ini yaitu bahwa metode yang
paling baik dalam artian paling memperhitungkan komponen tahanan kapal adalah
metode dari Hughes yang menghasilkan harga tahanan kapal yang paling kecil bila
dibandingkan dengan hasil ketiga metode yang lain. Selisih hasil perhitungan tahanan
yang besar dengan harga Sea Trial disebabkan kurangnya koreksi yang harus
diterapkan pada hasil Sea Trial, di mana koreksi yang diterapkan hanya koreksi
terhadap sarat kapal saja sehingga hasil Sea Trial memiliki harga yang besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.81 Sal s
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 09 Oct 2019 07:24
Last Modified: 09 Oct 2019 07:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71084

Actions (login required)

View Item View Item