Nanda, Bergas Satrya (2016) Perancangan sistem pengukuran kinerja dengan metode balanced scorecard pada PT. Bina Area Persada. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2512100027-paperpdf.pdf Download (359kB) | Preview |
Preview |
Text
2512100027-undergraduate theses.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
2512100027-presentationpdf.pdf - Presentation Download (2MB) | Preview |
Abstract
PT. Bina Area Persada (BAP) merupakan perusahaan yang bergerak di
bidang penyedia jasa pengamanan. PT. BAP merupakan perusahaan yang sedang
berkembang. Pada saat ini, PT. BAP belum memiliki suatu sistem pengukuran
kinerja perusahaan yang digunakan untuk mengukur hasil pencapaian perusahaan.
PT. BAP hanya menggunakan Performance Apprasial (PA) untuk mengukur
seluruh karyawannya. Namun, isi dari PA tersebut hanya berupa pertanyaan terkait
profesionalisme (kepahaman) kerja bukan mengukur ketercapaian kerjanya. PA
tersebut tidak dapat mempresentasikan hasil pengukuran kinerja yang tepat bagi
perusahaan PT. BAP itu sendiri.
Pada penelitian ini akan dilakukan perancangan sistem pengukuran kinerja
dari level korporat, level departemen, dan level individu dengan menggunakan
metode Balanced Scorecard (BSC). Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap
yaitu, merancang sistem pengukuran kinerja pada level korporat, departemen, dan
individu. Hal ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi sasaran strategis yang
ada, lalu memetakan sasaran strat egis kedalam 4 perspektif BSC, dan lalu
penyusunan Key Performance Indicator (KPI). Tahap selanjutnya adalah
merancang sistem pengukuran kinerja departemen dengan cara melakukan
cascading dari sasaran strategi level korporat, lalu mengidentifikasi output dan
ekspetasi stakeholder dan perumusan sasaran strategis departemen dan KPI. Tahap
terakhir yaitu perancangan pengukuran kinerja level indivdu dengan cara
identifikasi job description tiap individu dan cascading KPI pada level departemen
yang sesuai dengan individu terkait. Tiap level akan dilakukan pembobotan dengan
kuisioner AHP yang diisi oleh pihak manajemen PT. BAP. Kemudian tahap terakhir
adalah melakukan uji coba pengukuran kinerja.
Hasil perancangan KPI dari level korporat higga level individu didapatkan
hasil pada level korporat memiliki 24 KPI, level Departemen Personalia memiliki
31 KPI, level individu memiliki 34 KPI dari 9 jabatan staff di Departemen
Personalia. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan perusahaan dapat
memiliki pengukuran kinerja yang sesuai yang dapat membantu pencapaian target
perusahaan dari level korporat, level departemen, dan level individu. ========== PT. Bina Area Persada (BAP) is an emerging security provider company.
In existing condition, PT. BAP has not had any performance measurement system
used to measure company’s accomplishment. The company currently uses
Performance Appraisal (PA) in order to do the task. PA performed only consists of
questions with work professionalism related questions instead of the actual work
accomplishment. Therefore, PA is not a representative performance measurement
in PT. BAP.
In this research, Balanced Scorecard (BSC) method will be used to create
a performance measurement system in individual, department, and corporate level.
The research is conducted through several stages which are measurement system
designing in individual, department, and corporate level by strategic objective
identification in four BSC perspective and key performance indicator generation.
The next stage conducted is objective strategy to corporate level cascading followed
by ekspetasi stakeholderand output identification, department strategic objective
generation, and KPI generation. Last stage conducted is individual performance
measurement designing through job description identification and departement
KPI cascading linked to certain individual. Weighting is performed for each level
through AHP questionnaire approved by PT. BAP management. The result is
followed by performance measurement design trial.
The research results in 24 corporate KPIs, 31 personalia department
KPIs, and 34 individual KPIs of nine personalia staffs. Through this research the
company is expected to have a suitable performance measurement which is able to
support company’s accomplishment in individual, department, and corporate level.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSI 658.312 Nan p 2016 3100017068383 |
Uncontrolled Keywords: | Analytical Hierarchy Process, Balanced Scorecard, Cascading, Key Perfomance Indicator, Performance Measurement Pengukuran Kinerja, Analytical Hierarchy Process, Balanced Scorecard, Cascading, Key Perfomance Indicator |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.5.P35 Performance standards |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 03:50 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 03:50 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/71230 |
Actions (login required)
View Item |