Perancangan sistem pengukuran kinerja dengan metode balanced scorecard pada PT. Bina Area Persada

Nanda, Bergas Satrya (2016) Perancangan sistem pengukuran kinerja dengan metode balanced scorecard pada PT. Bina Area Persada. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2512100027-paperpdf.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2512100027-undergraduate theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2512100027-presentationpdf.pdf - Presentation

Download (2MB) | Preview

Abstract

PT. Bina Area Persada (BAP) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa pengamanan. PT. BAP merupakan perusahaan yang sedang berkembang. Pada saat ini, PT. BAP belum memiliki suatu sistem pengukuran kinerja perusahaan yang digunakan untuk mengukur hasil pencapaian perusahaan. PT. BAP hanya menggunakan Performance Apprasial (PA) untuk mengukur seluruh karyawannya. Namun, isi dari PA tersebut hanya berupa pertanyaan terkait profesionalisme (kepahaman) kerja bukan mengukur ketercapaian kerjanya. PA tersebut tidak dapat mempresentasikan hasil pengukuran kinerja yang tepat bagi perusahaan PT. BAP itu sendiri. Pada penelitian ini akan dilakukan perancangan sistem pengukuran kinerja dari level korporat, level departemen, dan level individu dengan menggunakan metode Balanced Scorecard (BSC). Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu, merancang sistem pengukuran kinerja pada level korporat, departemen, dan individu. Hal ini dilakukan dengan cara mengidentifikasi sasaran strategis yang ada, lalu memetakan sasaran strat egis kedalam 4 perspektif BSC, dan lalu penyusunan Key Performance Indicator (KPI). Tahap selanjutnya adalah merancang sistem pengukuran kinerja departemen dengan cara melakukan cascading dari sasaran strategi level korporat, lalu mengidentifikasi output dan ekspetasi stakeholder dan perumusan sasaran strategis departemen dan KPI. Tahap terakhir yaitu perancangan pengukuran kinerja level indivdu dengan cara identifikasi job description tiap individu dan cascading KPI pada level departemen yang sesuai dengan individu terkait. Tiap level akan dilakukan pembobotan dengan kuisioner AHP yang diisi oleh pihak manajemen PT. BAP. Kemudian tahap terakhir adalah melakukan uji coba pengukuran kinerja. Hasil perancangan KPI dari level korporat higga level individu didapatkan hasil pada level korporat memiliki 24 KPI, level Departemen Personalia memiliki 31 KPI, level individu memiliki 34 KPI dari 9 jabatan staff di Departemen Personalia. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan perusahaan dapat memiliki pengukuran kinerja yang sesuai yang dapat membantu pencapaian target perusahaan dari level korporat, level departemen, dan level individu. ========== PT. Bina Area Persada (BAP) is an emerging security provider company. In existing condition, PT. BAP has not had any performance measurement system used to measure company’s accomplishment. The company currently uses Performance Appraisal (PA) in order to do the task. PA performed only consists of questions with work professionalism related questions instead of the actual work accomplishment. Therefore, PA is not a representative performance measurement in PT. BAP. In this research, Balanced Scorecard (BSC) method will be used to create a performance measurement system in individual, department, and corporate level. The research is conducted through several stages which are measurement system designing in individual, department, and corporate level by strategic objective identification in four BSC perspective and key performance indicator generation. The next stage conducted is objective strategy to corporate level cascading followed by ekspetasi stakeholderand output identification, department strategic objective generation, and KPI generation. Last stage conducted is individual performance measurement designing through job description identification and departement KPI cascading linked to certain individual. Weighting is performed for each level through AHP questionnaire approved by PT. BAP management. The result is followed by performance measurement design trial. The research results in 24 corporate KPIs, 31 personalia department KPIs, and 34 individual KPIs of nine personalia staffs. Through this research the company is expected to have a suitable performance measurement which is able to support company’s accomplishment in individual, department, and corporate level.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.312 Nan p 2016 3100017068383
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process, Balanced Scorecard, Cascading, Key Perfomance Indicator, Performance Measurement Pengukuran Kinerja, Analytical Hierarchy Process, Balanced Scorecard, Cascading, Key Perfomance Indicator
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.5.P35 Performance standards
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 29 Oct 2019 03:50
Last Modified: 29 Oct 2019 03:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71230

Actions (login required)

View Item View Item