Armin, Aidil Primasetya (2015) Animasi gerakan exaggeration pukulan tinju berbasis pendekatan kurva bezier. Masters thesis, Institut Teknology Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2212205004-Dissertation.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pukulan dapat digunakan sebagai objek gerak yang ditangkap dengan motion
capture (mocap). Gerakan tersebut banyak di temukan pada olahraga tinju. Data mocap
berisi informasi titik-titik koordinat yang mewakili rangka manusia. Titik-titik
koordinat tersebut ketika disusun berdasarkan perubahan waktu akan membentuk
lintasan gerakan. Gerakan exaggeration merupakan salah satu prinsip animasi 2D yang
melebih-lebihkan gerakan. Prinsip ini tidak dapat secara langsung diaplikasikan ke
dalam animasi 3D berbasis mocap. Karena membutuhkan pengambilan data yang
berulang-ulang.
Pada penelitian ini, data mocap dimodifikasi dengan menggunakan rotasi
matriks. Modifikasi ini menghasilkan data mocap baru. Animasi gerakan pada data
tersebut terlihat exaggeration dan tidak alami. Untuk mengembalikan kealamian
gerakan tersebut maka digunakan metode interpolasi yaitu kurva linear bezier dan
kurva kuadratik bezier.
Hasil percobaan diujikan dengan menggunakan kuesioner kepada 35
responden. Pengujian tersebut yaitu hasil rotasi 15 terhadap sumbu X pada pukulan
Cross, responden memilih “Sangat Setuju” sebesar 60,5%. Rotasi 15 terhadap sumbu
X pada pukulan Uppercut, responden memilih “Sangat Setuju” sebesar 28,9%. Rotasi
60 terhadap sumbu X pada pukulan Jab, responden memilih “Sangat Setuju” sebesar
68,4%. Rotasi 15 terhadap sumbu X pada pukulan Hook, responden memilih “Sangat
Setuju” sebesar 54,1%.
==============================================================================================
Punch can be used as an object motion captured. The movements are found in
the boxing. Mocap data contains information coordinate points representing the human
frame. The coordinate points when compiled based on time will form the trajectory of
movement. Exaggeration is one of the principles of 2D animation. This principle can
not be directly applied to the 3D animation based mocap. Because it need a data record
repeatedly. In this study, we modified data mocap by using the rotation matrix. These
resulted make new data mocap. When data motion generated, movement that
animation looks exaggeration and unnatural. To restore the naturalness of the
movement then used interpolation. That method is linear bezier curves and quadratic
bezier curves.
Results of the experiment was tested by using questionnaires to 35
respondents. The testing is the result of 15 to the axis of rotation X on a punch Cross,
respondents chose "Strongly Agree" amounted to 60.5%. 15 to the axis of rotation X
on a punch Uppercut, respondents chose "Strongly Agree" amounted to 28.9%. 60 to
the axis of rotation X on a punch Jab, respondents chose "Strongly Agree" amounted
to 68.4%. 15 to the axis of rotation X on a punch Hook, respondents chose "Strongly
Agree" amounted to 54.1%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTE 004.019 Arm a |
Uncontrolled Keywords: | Animasi; Exaggeration; Kurva Linear Bezier; Kurva Kuadratik Bezier; Pukulan Tinju |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games |
Divisions: | Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | - Taufiq Rahmanu |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 05:59 |
Last Modified: | 23 Oct 2019 05:59 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/71357 |
Actions (login required)
View Item |