Studi Eksperimental Friction Stir Welding Aluminium 5083 Dengan Variasi Kecepatan Putaran Dan Kemiringan Tool

Kuntar, Ivan Aji (2016) Studi Eksperimental Friction Stir Welding Aluminium 5083 Dengan Variasi Kecepatan Putaran Dan Kemiringan Tool. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2712100030-undergraduate theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2712100030-paperpdf.pdf - Accepted Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2712100030-presentationpdf.pdf - Presentation

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengelasan merupakan teknik fabrikasi yang umum digunakan dalam sebuah konstruksi logam. Pada konstruksi kapal, material yang umum digunakan adalah aluminium paduan magnesium dengan seri penamaan aluminum alloy (AA) 5083. Paduan aluminium merupakan logam yang memiliki sifat weldability yang kurang baik sehingga dikembangkan metode yang baru yaitu friction stir welding. Pada penelitian ini digunakan paduan aluminium AA 5083 untuk dilakukan pengelasan friction stir welding secara butt joint. Parameter yang digunakan adalah kecepatan putaran tool 1115&1725 rpm dan sudut kemiringan tool 00 & 20. Dari hasil yang diperoleh, ditemukan adanya cacat pengelasan berupa ketidaksempurnaan daerah adukan las. Peningkatan rpm dan penurunan kemiringan tool menghasilkan masukan panas yang semakin besar sehingga mempengaruhi struktur mikro dengan didapatinya Mg2Si. Distribusi kekerasan menunjukkan nilai kekerasan yang semakin menurun dari daerah base metal ke nugget zone. Namun nilai penurunannya tidak signifikan karena sifat aluminum 5083 yang tidak dapat diperlakupanaskan. =========== Welding is a common fabrication technique used in a metal construction. On the construction of ship, a commonly used material is aluminum-magnesium alloy with naming series aluminum alloy (AA) 5083. Aluminum is a metal that has lack weld ability properties so that new method developed. That method is friction stir welding. On this research is used aluminum alloy 5083 to do friction stir welding in butt joint. Parameter used is the speed of tool rotation 1115 and 1725 rpm, then tilt angle of tool is 00 and 20. From the result obtained, it was discovered the existence of defect from welding imperfection that formed at stirred nugget zone. An increase rpm and decreased tilt angle of tool generates heat that bigger so that affects in the microstructure and be found Mg2Si. The distribution of hardness showed the value hardness decrease from the base metal to stirred nugget zone. But the value of his descent is not significant because the properties of aluminum alloy 5083 that can non heat treatable.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMt 671.52 Kun s 3100016066301
Uncontrolled Keywords: FSW, rpm, kemiringan tool, sifat mekanik, tilt of tool, mechanical properties
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN879.6 Welding
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 07 Nov 2019 07:29
Last Modified: 07 Nov 2019 07:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71423

Actions (login required)

View Item View Item