Perbandingan Analisa Ekonomi Konstruksi Perkerasan Lentur Dan Konstruksi Perkerasan Kaku Pada Proyek Jalan Merauke – Jagebob Kabupaten Merauke

Pongsitammu, Risman (2009) Perbandingan Analisa Ekonomi Konstruksi Perkerasan Lentur Dan Konstruksi Perkerasan Kaku Pada Proyek Jalan Merauke – Jagebob Kabupaten Merauke. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
3104100033-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (414kB)

Abstract

Ruas jalan Merauke-Jagebob saat ini masih dalam tahap pengerjaan Proyek.Kondisi lalu lintas pada ruas jalan ini sebelum proyek dikerjakan sangatlah tidak menguntungkan bagi para pengguna jalan tersebut. Ini dikarenakan kondisi fisik jalan merauke jagebob yang rusak.Untuk itu pada jalan tembus antara Merauke sampai Jagebob Pemerintah merasa perlu kiranya untuk diadakan peningkatan jalan yang sudah ada di karenakan jalan yang sudah ada mengalami kerusakan yang sangat parah. Dan juga jalan tersebut terletak pada kawasan potensial untuk Agrobisnis, Agroindustri dan Agrowisata.Proyek ini adalah proyek peningkatan jalan tembus antara Merauke sampai Jagebob sehingga dengan demikian sarana trasportasi jalan yang menghubungkan kedua wilayah tersebut dapat berjalan normal. Panjang total dari proyek peningkatan jalan ini adalah 10 km. Dalam Tugas akhir ini Penulis Membandingkan antara Konstruksi perkerasan lentur dan konstruksi perkerasan kaku dari segi analisa ekonomi. Studi yang dibahas antara lain:Menghitung total biaya konstruksi perkerasan lentur dan Kaku, menghitung biaya perawatan berkala dan rutin(untuk perkerasan lentur) dan perawatan rutin(perkerasan kaku),menghitung BOK untuk perkerasan lentur dan kaku dengan menggunakan metode N.D.Lea, dan menganalisa kelayakan secara ekonomi dengan perhitungan BCR dan NPV. Dari hasil perhitungan memperlihatkan bahwa biaya konstruksi dan biaya pengguna jalan (User Cost), konstruksi perkerasan Kaku akan lebih menguntungkan dari segi ekonomi dibanding konstruksi perkerasan Lentur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 388.31 Pon p
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Lentur, Perkerasan Kaku, Ekonomi, Merauke – Jagebob.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 30 Oct 2019 06:31
Last Modified: 30 Oct 2019 06:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71500

Actions (login required)

View Item View Item