Analisis Penambatan Dan Gerakan Dok Apung Akibat Gaya-Gaya Luar Dengan Variasi Konfigurasi Pengikatan Pada Perairan Dangkal Terbatas

Pratama, Fajar Adi (2016) Analisis Penambatan Dan Gerakan Dok Apung Akibat Gaya-Gaya Luar Dengan Variasi Konfigurasi Pengikatan Pada Perairan Dangkal Terbatas. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4112100057-undergraduate theses.pdf]
Preview
Text
4112100057-undergraduate theses.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 4112100057-paperpdf.pdf]
Preview
Text
4112100057-paperpdf.pdf - Accepted Version

Download (816kB) | Preview
[thumbnail of 4112100057-presentationpdf.pdf]
Preview
Text
4112100057-presentationpdf.pdf - Presentation

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku struktur apung tertambat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya muatan, angin,
arus, gelombang dan faktor eksternal maupun internal lainnya. Dalam tugas akhir ini, metode
difraksi 3 dimensi dengan program komputer digunakan untuk perhitungan respons gerakan
dan ketahanan sistem penambatan struktur apung di gelombang irreguler yang ditinjau dari
perairan Selat Madura. Bentuk struktur apung yang dianalisis adalah dok apung dengan bentuk
lambung ponton. Dok apung tersebut kemudian divariasikan menjadi 3 kondisi muatan yaitu
muatan kosong, muatan kapal dan muatan balas penuh. Variasi juga dilakukan pada konfigurasi
penambatan I dan II. Kemudian variasi dilihat untuk perubahan gerakan struktur dan tegangan
pada sistem penambatan dok apung. Sudut datangnya gaya eksternal juga divariasikan dalam
interval 450, yaitu 00, 450, 900, 1350, 1800, -450, -900 dan -1350. Setelah analisis numerik
dilakukan dapat diketahui perubahan muatan menyebabkan perubahan gerakan dan tegangan
tali dok apung. Gerakan dok apung berupa perpindahan translasi maupun rotasi dan akselerasi
secara vertikal telah memenuhi ketentuan ISO 2631 dan DNV-0030/ND. Tegangan yang
dihasilkan pada variasi juga sudah memenuhi kriteria dari API RP2SK2nd edition 1999 untuk
kondisi ULS. ========== Floating structure’s behaviour in the sea was influenced by load, wind, current wave,
and other’s external-internal factor. In this final project, 3 imensional diffraction with
computer software used to calculate respons and ability of float structure mooring system in
irreguler wave that looked in Madura strain waterwork. Floating structure shape that analysed
was floating dock with barge hull shape. Floating dock was varied into 3 loading condition
which is light load, docked ship load and ballast load condition. Variety also doing to mooring
configuration I and II. Then variety to observe floating dock moored response motion and
tension change when in storage or offloading condition. External forces also veried into 450
interval, which is 00, 450, 900, 1350, 1800, -450, -900 and -1350. After numerical analysed,
alteration in floating dock caused change in structure motion and tension. Floating dock motion
about distance-rotation and acceleration fullfill ISO 2631 and DNV-0030/ND. Floating dock
moored tension also fullfill API RP2SK2nd edition 1999 in ULS condition.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 627.31 Pra a 3100016066298
Uncontrolled Keywords: Dok Apung, muatan kosong, muatan kapal, muatan balas penuh
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 12 Nov 2019 07:35
Last Modified: 12 Nov 2019 07:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71691

Actions (login required)

View Item View Item