Analisis Penambatan Dan Gerakan Dok Apung Akibat Gaya-Gaya Luar Dengan Variasi Konfigurasi Pengikatan Pada Perairan Dangkal Terbatas

Pratama, Fajar Adi (2016) Analisis Penambatan Dan Gerakan Dok Apung Akibat Gaya-Gaya Luar Dengan Variasi Konfigurasi Pengikatan Pada Perairan Dangkal Terbatas. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
4112100057-undergraduate theses.pdf - Accepted Version

Download (5MB)
[img] Text
4112100057-paperpdf.pdf - Accepted Version

Download (816kB)
[img] Text
4112100057-presentationpdf.pdf - Presentation

Download (1MB)

Abstract

Perilaku struktur apung tertambat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya muatan, angin, arus, gelombang dan faktor eksternal maupun internal lainnya. Dalam tugas akhir ini, metode difraksi 3 dimensi dengan program komputer digunakan untuk perhitungan respons gerakan dan ketahanan sistem penambatan struktur apung di gelombang irreguler yang ditinjau dari perairan Selat Madura. Bentuk struktur apung yang dianalisis adalah dok apung dengan bentuk lambung ponton. Dok apung tersebut kemudian divariasikan menjadi 3 kondisi muatan yaitu muatan kosong, muatan kapal dan muatan balas penuh. Variasi juga dilakukan pada konfigurasi penambatan I dan II. Kemudian variasi dilihat untuk perubahan gerakan struktur dan tegangan pada sistem penambatan dok apung. Sudut datangnya gaya eksternal juga divariasikan dalam interval 450, yaitu 00, 450, 900, 1350, 1800, -450, -900 dan -1350. Setelah analisis numerik dilakukan dapat diketahui perubahan muatan menyebabkan perubahan gerakan dan tegangan tali dok apung. Gerakan dok apung berupa perpindahan translasi maupun rotasi dan akselerasi secara vertikal telah memenuhi ketentuan ISO 2631 dan DNV-0030/ND. Tegangan yang dihasilkan pada variasi juga sudah memenuhi kriteria dari API RP2SK2nd edition 1999 untuk kondisi ULS. ========== Floating structure’s behaviour in the sea was influenced by load, wind, current wave, and other’s external-internal factor. In this final project, 3 imensional diffraction with computer software used to calculate respons and ability of float structure mooring system in irreguler wave that looked in Madura strain waterwork. Floating structure shape that analysed was floating dock with barge hull shape. Floating dock was varied into 3 loading condition which is light load, docked ship load and ballast load condition. Variety also doing to mooring configuration I and II. Then variety to observe floating dock moored response motion and tension change when in storage or offloading condition. External forces also veried into 450 interval, which is 00, 450, 900, 1350, 1800, -450, -900 and -1350. After numerical analysed, alteration in floating dock caused change in structure motion and tension. Floating dock motion about distance-rotation and acceleration fullfill ISO 2631 and DNV-0030/ND. Floating dock moored tension also fullfill API RP2SK2nd edition 1999 in ULS condition.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 627.31 Pra a 3100016066298
Uncontrolled Keywords: Dok Apung, muatan kosong, muatan kapal, muatan balas penuh
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
Divisions: Faculty of Marine Technology > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > (S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 12 Nov 2019 07:35
Last Modified: 12 Nov 2019 07:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71691

Actions (login required)

View Item View Item