Alternatif penggunaan pondasi dalam pemasangan perkuatan pada lapisan tanah gambut pada runway Bandara Puruk Cahu Kalimantan Tengah

Widiartha, I Dewa Gede Wahyu (2015) Alternatif penggunaan pondasi dalam pemasangan perkuatan pada lapisan tanah gambut pada runway Bandara Puruk Cahu Kalimantan Tengah. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3111100153-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pembangunan sistem transportasi udara sebagai penghubung antar pulau di berbagai wilayah di Indonesia sedang ditingkatkan. Salah satu pembangunan bandar udara yang akan dilaksanakan adalah di Propinsi Kalimantan Tengah yaitu bandar udara Puruk Cahu di Kabupaten Murung Raya. Bandar udara ini akan dibangun di atas lapisan tanah lempung sangat lunak dan tanah gambut. Kondisi tanah dasar yang relative jelek (daya dukung yang rendah dan kemampumampatan yang tinggi) tersebut menyebabkan perlu direncanakan pondasi yang kuat atau perkuatan lapisan tanah dasar terutama yang berada dibawah konstruksi landasan pacunya Dalam Tugas Akhir ini, jenis pondasi yang dipilih adalah pondasi dalam. Sedang jenis perkuatan lapisan tanah dasar yang akan direncanakan adalah Deep Mixing Cement (DMC) dan Geotextile-Encased Columns (GESC). Dari hasil analisa data tanah di lokasi studi diketahui bahwa kedalaman lapisan tanah gambut bervariasi bahkan di satu lokasi di sepanjang landasan pacunya tidak terdapat lapisan tanah gambut. Oleh sebab itu, dalam perencanaannya area di landasan pacu dibagi dalam tiga zona yaitu Zona A, Zona B, dan Zona C. Pondasi-dalam yang direncanakan memiliki diameter 40cm dan 50cm yang masing-masing akan diletakkan dibawah bahu dan bagian tengah landasan pacu. Kedalaman pondasi-dalam bervariasi yaitu pada Zona A, Zona B, dan Zona C masing-masing sedalam 9m, 14m, dan 12.5m. Geosynthetics Encased Stone Column (GESC) direncanakan untuk menggunakan Geotextile dengan spesifikasi Ringtrac 2000PM diameter 0.8 meter sedalam 6.0 m untuk Zona A; Geotextile dengan spesifikasi Ringtrac 3500PM diameter 0.8 m digunakan di Zona B sedalam 8.0 m dan Zona C sedalam 10.5 m. Sedangkan perkutan tanah dengan menggunakan Deep Mixing Cement (DMC) direncanakan dengan diameter yang sama yaitu 1.0 meter. Formasi kolom DMC direncanakan dengan kedalaman maximum 10.5 m; pada bagian tengah landasan pacu, kolom DMC berupa tiang tunggal sedangkan bagian bahu landasan pacu berupa shearwall. ================================================================================================= Development of air transport system as a connector between islands in various regions in Indonesia needs to be improved. One of the airport construction will be build in the province of Central Kalimantan, namely Puruk Cahu Airport in Murung Raya. The airport will be built on very soft clay and peat. The conditions of soil ground relatively poor soil conditions (very soft and very incompressible) causes should be planned strong foundations or strengthening a thick layer of soil mainly under runway construction platform. In this final project, the type of foundation choose is deep foundations. Otherwise soil strengthening method of thick layer of skin will be planned are Deep Mixing Cement (DMC) and Geotextile-Encased Stone Column (GESC). From analysis of the soil parameter data in location study known that the deep of peat layer is varies even in one location along runway there’s no peat layer. Because of that fact the locations design defined in three zona, Zona A, Zona B, and Zona C. The deep foundations planned with 40cm and 50cm diameter that will be placed below shoulder and central runway. Deep installation of deep foundations varies on Zona A, Zona B, and Zona C with 9m, 14m, and 12.5m depth. Geotextile Encased Stone Columns (GESC) designed using Ringtrac specification using geotextile with a diameter of 0.8 meters 2000PM deep as 6.0 m for Zone A, Geotextile with specifications Ringtrac 3500PM 0.8 m diameter used in Zone B as deep as 8.0 m and 10.5 m deep zone C. Strengthening of soil layer using Deep Mixing Cement (DMC) with diameter 1.0 meters every zona. Column formation Deep Mixing Cement (DMC) planned with maximum depth of 10.5 m. At the center of runway, Column Form Deep Mixing Cement (DMC) is single pole while slope part of runway in form like shear walls.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.15 Wid a
Uncontrolled Keywords: Deep mixing cement, Geotextile-encased columns, Gambut, Pondasi dalam
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF270 Railway structures and buildings
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 13 Nov 2019 07:32
Last Modified: 13 Nov 2019 07:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71757

Actions (login required)

View Item View Item