Alternatif penggunaan pondasi dalam pemasangan perkuatan pada lapisan tanah gambut pada runway Bandara Puruk Cahu Kalimantan Tengah

Widiartha, I Dewa Gede Wahyu (2015) Alternatif penggunaan pondasi dalam pemasangan perkuatan pada lapisan tanah gambut pada runway Bandara Puruk Cahu Kalimantan Tengah. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3111100153-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3111100153-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pembangunan sistem transportasi udara sebagai
penghubung antar pulau di berbagai wilayah di Indonesia sedang
ditingkatkan. Salah satu pembangunan bandar udara yang akan
dilaksanakan adalah di Propinsi Kalimantan Tengah yaitu bandar
udara Puruk Cahu di Kabupaten Murung Raya. Bandar udara ini
akan dibangun di atas lapisan tanah lempung sangat lunak dan
tanah gambut. Kondisi tanah dasar yang relative jelek (daya
dukung yang rendah dan kemampumampatan yang tinggi) tersebut
menyebabkan perlu direncanakan pondasi yang kuat atau
perkuatan lapisan tanah dasar terutama yang berada dibawah
konstruksi landasan pacunya
Dalam Tugas Akhir ini, jenis pondasi yang dipilih adalah
pondasi dalam. Sedang jenis perkuatan lapisan tanah dasar yang
akan direncanakan adalah Deep Mixing Cement (DMC) dan
Geotextile-Encased Columns (GESC).
Dari hasil analisa data tanah di lokasi studi diketahui
bahwa kedalaman lapisan tanah gambut bervariasi bahkan di satu
lokasi di sepanjang landasan pacunya tidak terdapat lapisan tanah
gambut. Oleh sebab itu, dalam perencanaannya area di landasan
pacu dibagi dalam tiga zona yaitu Zona A, Zona B, dan Zona C.
Pondasi-dalam yang direncanakan memiliki diameter 40cm dan
50cm yang masing-masing akan diletakkan dibawah bahu dan
bagian tengah landasan pacu. Kedalaman pondasi-dalam bervariasi yaitu pada Zona A, Zona B, dan Zona C masing-masing
sedalam 9m, 14m, dan 12.5m. Geosynthetics Encased Stone
Column (GESC) direncanakan untuk menggunakan Geotextile
dengan spesifikasi Ringtrac 2000PM diameter 0.8 meter sedalam
6.0 m untuk Zona A; Geotextile dengan spesifikasi Ringtrac
3500PM diameter 0.8 m digunakan di Zona B sedalam 8.0 m dan
Zona C sedalam 10.5 m. Sedangkan perkutan tanah dengan
menggunakan Deep Mixing Cement (DMC) direncanakan dengan
diameter yang sama yaitu 1.0 meter. Formasi kolom DMC
direncanakan dengan kedalaman maximum 10.5 m; pada bagian
tengah landasan pacu, kolom DMC berupa tiang tunggal
sedangkan bagian bahu landasan pacu berupa shearwall.

=================================================================================================

Development of air transport system as a connector
between islands in various regions in Indonesia needs to be
improved. One of the airport construction will be build in the
province of Central Kalimantan, namely Puruk Cahu Airport in
Murung Raya. The airport will be built on very soft clay and peat.
The conditions of soil ground relatively poor soil conditions (very
soft and very incompressible) causes should be planned strong
foundations or strengthening a thick layer of soil mainly under
runway construction platform.
In this final project, the type of foundation choose is
deep foundations. Otherwise soil strengthening method of thick
layer of skin will be planned are Deep Mixing Cement (DMC) and
Geotextile-Encased Stone Column (GESC).
From analysis of the soil parameter data in location
study known that the deep of peat layer is varies even in one
location along runway there’s no peat layer. Because of that fact
the locations design defined in three zona, Zona A, Zona B, and
Zona C. The deep foundations planned with 40cm and 50cm
diameter that will be placed below shoulder and central runway.
Deep installation of deep foundations varies on Zona A, Zona B,
and Zona C with 9m, 14m, and 12.5m depth. Geotextile Encased
Stone Columns (GESC) designed using Ringtrac specification
using geotextile with a diameter of 0.8 meters 2000PM deep as 6.0 m for Zone A, Geotextile with specifications Ringtrac 3500PM 0.8
m diameter used in Zone B as deep as 8.0 m and 10.5 m deep zone
C. Strengthening of soil layer using Deep Mixing Cement (DMC)
with diameter 1.0 meters every zona. Column formation Deep
Mixing Cement (DMC) planned with maximum depth of 10.5 m. At
the center of runway, Column Form Deep Mixing Cement (DMC)
is single pole while slope part of runway in form like shear walls.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.15 Wid a
Uncontrolled Keywords: Deep mixing cement, Geotextile-encased columns, Gambut, Pondasi dalam
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF270 Railway structures and buildings
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 13 Nov 2019 07:32
Last Modified: 13 Nov 2019 07:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71757

Actions (login required)

View Item View Item