Mengukur Kesediaan Untuk Membayar (Willingness To Pay) Dan Kesiapan Surabaya Mass Rapid Transit(Smart), Monorel Dan Trem: Sebuah Survei - Measuring Readiness And Willingness To Pay (WTP) Of Surabaya Mass Rapid Transit (Smart), Monorail And Tram: A Survey

Maghfirro, Putri Nur Imani (2015) Mengukur Kesediaan Untuk Membayar (Willingness To Pay) Dan Kesiapan Surabaya Mass Rapid Transit(Smart), Monorel Dan Trem: Sebuah Survei - Measuring Readiness And Willingness To Pay (WTP) Of Surabaya Mass Rapid Transit (Smart), Monorail And Tram: A Survey. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2511100041-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
2511100041-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2511100041-Paper.pdf]
Preview
Text
2511100041-Paper.pdf - Published Version

Download (817kB) | Preview
[thumbnail of 2511100041-Presentation.pdf]
Preview
Text
2511100041-Presentation.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mass Rapid Transit (MRT) adalah alternatif pilihan yang popular untuk
transportasi umum di kota besar. Hal tersebut dipercaya dapat meningkatkan
kualitas layanan hidup dengan mengurangi tingkat kemacetan, polusi, dan
konsumsi BBM pada kendaraan pribadi. Pemahaman masyarakat mengenai mode
transportasi baru “SMART” yang akan dibangun di kota Surabaya , Indonesia,
beberapa penelitian dilakukan. Penelitian ini menyajikan kesedian masyarakat,
kesediaan untuk berpindah, dan kesediaan untuk membayar yang ditujukan pada
monorel dan trem. Konsep kesiapan diambil berdasarkan kebiasaan prolingkungan.
Beberapa motif yang ditawarkan pada kesediaan untuk berpindah.
Kesediaan untuk membayar focus pada dua jenis, opsi dan harga. Random Utility
Model diperkenalkan untuk mengukur dan menganalisa tiga opsi dari desain
SMART. Model dikalibrasikan dari data yang dikumpulkan dari kuesioner di
mana calon pengguna memberikan pilihan dari beberapa alternatif untuk
merepresentasikan motif kesediaan dan layanan MRT monorel dan trem yang
akan diimplementasikan. Sebuah survei langsung dilakukan sejumlah 384
responden yang merepresentasikan 31 kecematan di kota Surabaya.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar menyatakan siap
menggunakan monorel dan trem, dengan level tertinggi faktor dampak
lingkungan. Beberapa motif kesediaan untuk berpindah menunjukkan kualitas
layanan yang terpilih yaitu jarak stasiun, tarif parkir, dan antar kedatangan bus
feeder yang rendah. Kalibrasi tiga opsi kesediaan untuk membayar menujukkan
Opsi 1 terpilih untuk trem dan Opsi 2 atau Opsi 3 terpilih untuk monorel.
Selanjutnya untuk atribut yang terpilih, kesediaan berdasarkan harga ditunjukkan
pada rentang 10000 hingga 12500 IDR dengan mempertimbangkan spesifikasi
MRT.
========================================================================================================================
Mass Rapid Transit (MRT) is popular options selected for transportation
publics in the big city. It is believed that can improve service life quality by
reducing congestion, transportation pollutants, and fuel consumption for private
vehicles. The social understanding of new transportation mode “SMART” that
will be built in Surabaya City, Indonesia, several studies were conducted. This
study presents social readiness, willingness to shift (WTS), and willingness to pay
(WTP) that consists of Monorail and Tram. The adopted readiness is built on the
pro-environmental attitude behavior. Along several motives are offered into WTS.
WTP concerns into two models, option and price. Random Utility Model (RUM)
is introduced to measure and to analyze three options of SMART designs. The
model is calibrated by using the collected data from questionnaire in which user
makes choice among alternatives choice representing willingness motives and
MRT service for monorail and tram that will be implemented. A direct survey was
collected to 384 respondents representing the 31 regions in Surabaya City.
The results indicate the majority are ready to use monorail and tram, with
high level for environmental impact. Several motives of WTS show the preferable
service quality with small distance, cost, and inter-arrival choice. The calibration
of three options WTP indicates Option 1 is the selected for tram and others for
monorail whether Option 2 and Option 3. Furthermore, for the chosen attributes,
the willingness price is range 10000 IDR up to 125000 IDR considered by MRT
specification.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.401 2 Mag m
Uncontrolled Keywords: Transportatsi umum, Random Utility Model, Kesiapan, SMART, Kesediaan untuk berpindah, Kesediaan untuk membayar, Public transportation, Random utility model, Readiness, SMART, Willingness to shift, Willingness to pay.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 18 Nov 2019 02:31
Last Modified: 18 Nov 2019 02:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71832

Actions (login required)

View Item View Item