Analisis Kesiapan Sekolah Tinggi Energi Dan Mineral Dalam Mengimplementasikan Manajemen Pengetahuan Menggunakan PLS-SEM - Knowledge Management Implementation Readiness Analysis In School Of Energi And Mineral Using PLS-SEM

Kusumaningsih, Yuanita Hesti (2015) Analisis Kesiapan Sekolah Tinggi Energi Dan Mineral Dalam Mengimplementasikan Manajemen Pengetahuan Menggunakan PLS-SEM - Knowledge Management Implementation Readiness Analysis In School Of Energi And Mineral Using PLS-SEM. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img] Text
2513205004-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
2513205004-Paper.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text
2513205004-Presentation.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini manajemen pengetahuan merupakan hal yang banyak diperbincangkan dalam bisnis karena perannya yang sangat penting dalam mengelola pengetahuan dan menjaga kepemilikan pengetahuan di dalam organisasi. Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM) sebagai salah satu organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan juga membutuhkan pengelolaan atas pengetahuan-pengetahuan yang dimilikinya agar tetap berada di dalam organisasi, yaitu melalui penerapan manajemen pengetahuan. Namun sebelum secara formal diimplementasikan, terlebih dahulu dilakukan penilaian mandiri atas manajemen pengetahuan dengan hasil yang menunjukkan STEM secara umum masih berada pada level 1 yang berarti baru mulai tumbuhnya kesadaran akan proses manajemen pengetahuan. Kemudian sesuai dengan tujuan penelitian, dilaksanakan analisis terhadap faktor-faktor individu dan organisasi yang mempengaruhi kesiapan implementasi manajemen pengetahuan di STEM, sehingga dapat meminimalisir resiko saat pengimplementasian manajemen pengetahuan, baik dari segi waktu, biaya maupun sumber daya, dengan menggunakan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan empat faktor yang signifikan mempengaruhi kesiapan pengimplementasian manajemen pengetahuan di STEM yaitu strategi organisasi, dukungan pimpinan, budaya organisasi dan manajemen sumber daya manusia. ======================================================================================================================== Recently knowledge management is one of many discussed subject in business because of its important role in managing knowledge and preserve it as organization’s asset. Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM) as an educational organization also need to manage its knowledge to retain it in the organization, with the knowledge management implementation. But before formally implemented, knowledge management self-assessment is conducted initially which result in generally STEM still in first level, that is starting to aware of knowledge management processes. Afterward, according to this research’s objective, analysis of individual and organizational factors influencing the readiness to implement knowledge management is performed, by using Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method. The analysis result show that there are four factors significantly influencing knowledge management implementation in STEM, which are organizational strategy, management support, organizational culture, and human resource management.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTI 519.535 Kus a
Uncontrolled Keywords: Implementasi Manajemen Pengetahuan, Penilaian Mandiri Manajemen Pengetahuan, Partial Least Square – Structural Equation Modeling,Knowledge Management Implementation, Knowledge Management Self-Assessment, Partial Least Square – Structural Equation Modeling
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA275 Theory of errors. Least squares. Including statistical inference
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:22
Last Modified: 18 Nov 2019 04:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71845

Actions (login required)

View Item View Item