Kusumaningsih, Yuanita Hesti (2015) Analisis Kesiapan Sekolah Tinggi Energi Dan Mineral Dalam Mengimplementasikan Manajemen Pengetahuan Menggunakan PLS-SEM - Knowledge Management Implementation Readiness Analysis In School Of Energi And Mineral Using PLS-SEM. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2513205004-Master Thesis.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
2513205004-Paper.pdf - Published Version Download (344kB) | Preview |
Preview |
Text
2513205004-Presentation.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dewasa ini manajemen pengetahuan merupakan hal yang banyak
diperbincangkan dalam bisnis karena perannya yang sangat penting dalam mengelola
pengetahuan dan menjaga kepemilikan pengetahuan di dalam organisasi. Sekolah Tinggi
Energi dan Mineral (STEM) sebagai salah satu organisasi yang bergerak dalam bidang
pendidikan juga membutuhkan pengelolaan atas pengetahuan-pengetahuan yang
dimilikinya agar tetap berada di dalam organisasi, yaitu melalui penerapan manajemen
pengetahuan. Namun sebelum secara formal diimplementasikan, terlebih dahulu
dilakukan penilaian mandiri atas manajemen pengetahuan dengan hasil yang
menunjukkan STEM secara umum masih berada pada level 1 yang berarti baru mulai
tumbuhnya kesadaran akan proses manajemen pengetahuan. Kemudian sesuai
dengan tujuan penelitian, dilaksanakan analisis terhadap faktor-faktor individu
dan organisasi yang mempengaruhi kesiapan implementasi manajemen pengetahuan
di STEM, sehingga dapat meminimalisir resiko saat pengimplementasian manajemen
pengetahuan, baik dari segi waktu, biaya maupun sumber daya, dengan menggunakan
metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil analisis
yang diperoleh menunjukkan empat faktor yang signifikan mempengaruhi kesiapan
pengimplementasian manajemen pengetahuan di STEM yaitu strategi organisasi,
dukungan pimpinan, budaya organisasi dan manajemen sumber daya manusia.
========================================================================================================================
Recently knowledge management is one of many discussed subject in business
because of its important role in managing knowledge and preserve it as
organization’s asset. Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM) as an
educational organization also need to manage its knowledge to retain it in the
organization, with the knowledge management implementation. But before
formally implemented, knowledge management self-assessment is conducted
initially which result in generally STEM still in first level, that is starting to aware
of knowledge management processes. Afterward, according to this research’s
objective, analysis of individual and organizational factors influencing the
readiness to implement knowledge management is performed, by using Partial
Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method. The analysis result
show that there are four factors significantly influencing knowledge management
implementation in STEM, which are organizational strategy, management support,
organizational culture, and human resource management.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTI 519.535 Kus a |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Manajemen Pengetahuan, Penilaian Mandiri Manajemen Pengetahuan, Partial Least Square – Structural Equation Modeling,Knowledge Management Implementation, Knowledge Management Self-Assessment, Partial Least Square – Structural Equation Modeling |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA275 Theory of errors. Least squares. Including statistical inference. Error analysis (Mathematics) |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 04:22 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 04:22 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/71845 |
Actions (login required)
View Item |