Model kebijakan pengelolaan persediaan kursi penumpang kereta api secara dinamis untuk memaksimalkan pendapatan

Sakura, Rahma Rei (2015) Model kebijakan pengelolaan persediaan kursi penumpang kereta api secara dinamis untuk memaksimalkan pendapatan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2513203010-Master-Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan pendapatan (revenue management) yang terdapat pada kereta api penumpang disebut sebagai Railroad Passenger Revenue Management (RPRM). Pengelolaan pendapatan pada perusahaan kereta api merupakan salah satu hal yang terpenting untuk dikelola. Perusahaan kereta api melakukan pengelolaan pendapatan karena adanya beberapa kondisi, seperti permintaan kursi yang bersifat tidak pasti, fleksibilitias penumpang, dan kapasitas kursi yang tetap. Kondisi-kondisi tersebut menyebabkan perusahaan perlu melakukan pengelolaan dalam mengalokasikan jumlah kursi yang disediakan. Pada penelitian ini dilakukan strategi dynamic seat allocation dengan terdapat empat kelas harga (multi-fare) dan perjalanan multi-leg serta memperhatikan adanya cancellation pada pemesanan tiket penumpang. Pada penelitian ini dikembangkan juga model simulasi diskrit untuk mendapatkan jumlah tiket yang terjual pada masing-masing rute dan kelas harga, sehingga perusahaan akan mendapatkan total expected revenue yang maksimal. Pada model simulasi tersebut, dilakukan perubahan parameter permodelan dengan menerapkan beberapa skenario. Hasil yang didapat yaitu perusahaan akan memperoleh pendapatan yang lebih baik apabila alokasi kursi pada tujuan Surabaya menuju Jakarta sebesar 50%, dan sisanya sebesar 50% merupakan alokasi kursi untuk tujuan pada stasiun antara. Alokasi kursi yang disediakan harus terisi penuh 100%, serta perusahaan dapat menerapkan pembatalan pemesanan tiket penumpang kereta api. Perusahaan akan memperoleh pendapatan yang maksimal apabila alokasi kursi pada stasiun antara lebih besar dari pada alokasi kursi untuk single-leg yaitu dari Surabaya menuju Jakarta. ================================================================================== Revenue management in passenger rail, usually called as Railroad Passenger Revenue Management (RRPM), is one of the most important things to manage in passenger rail business (railroad). The railroad have to manage their revenue because of some condition that prevail in passenger rail business, like demand uncertainty, passenger flexibility, and fixed seat-capacity. This condition forced the railroad to manage their seat allocation in order to maximize its revenue. This study applied dynamic seat allocation with four fare class (multi-fare) and multi-leg routing by considering passenger cancellation. This study also develop discretesimulation model to find out the number of ticket sold in each route and each fare class, so that the railroad could get maximum total expected revenue. In this discretesimulation model, the parameter will be changed to adapt various scenarios. The results that companies can apply the cancellation of the passenger train ticket reservations and can perform additional capacity on each train car. The company will earn a better income when the allocation of seats in Surabaya to Jakarta by 50%, and the rest is the allocation of seats for the purpose of the transfer station. This study generate general result that the railroad will get maximum revenue if seat allocation of transship route is more than the allocation of start-to-end route (in this study case, from Surabaya direct to Jakarta Gambir).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTI 658.787 Sak m
Uncontrolled Keywords: kereta api penumpang, pengelolaan pendapatan, multi-fare, multi-leg, dynamic seat allocation.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD55 Inventory control
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 21 Nov 2019 08:59
Last Modified: 21 Nov 2019 08:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71959

Actions (login required)

View Item View Item