Model kebijakan pengelolaan persediaan kursi penumpang kereta api secara dinamis untuk memaksimalkan pendapatan

Sakura, Rahma Rei (2015) Model kebijakan pengelolaan persediaan kursi penumpang kereta api secara dinamis untuk memaksimalkan pendapatan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2513203010-Master-Thesis.pdf]
Preview
Text
2513203010-Master-Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan pendapatan (revenue management) yang terdapat pada kereta api
penumpang disebut sebagai Railroad Passenger Revenue Management (RPRM).
Pengelolaan pendapatan pada perusahaan kereta api merupakan salah satu hal yang
terpenting untuk dikelola. Perusahaan kereta api melakukan pengelolaan pendapatan
karena adanya beberapa kondisi, seperti permintaan kursi yang bersifat tidak pasti,
fleksibilitias penumpang, dan kapasitas kursi yang tetap. Kondisi-kondisi tersebut
menyebabkan perusahaan perlu melakukan pengelolaan dalam mengalokasikan
jumlah kursi yang disediakan. Pada penelitian ini dilakukan strategi dynamic seat
allocation dengan terdapat empat kelas harga (multi-fare) dan perjalanan multi-leg
serta memperhatikan adanya cancellation pada pemesanan tiket penumpang. Pada
penelitian ini dikembangkan juga model simulasi diskrit untuk mendapatkan jumlah
tiket yang terjual pada masing-masing rute dan kelas harga, sehingga perusahaan
akan mendapatkan total expected revenue yang maksimal. Pada model simulasi
tersebut, dilakukan perubahan parameter permodelan dengan menerapkan beberapa
skenario. Hasil yang didapat yaitu perusahaan akan memperoleh pendapatan yang
lebih baik apabila alokasi kursi pada tujuan Surabaya menuju Jakarta sebesar 50%,
dan sisanya sebesar 50% merupakan alokasi kursi untuk tujuan pada stasiun antara.
Alokasi kursi yang disediakan harus terisi penuh 100%, serta perusahaan dapat
menerapkan pembatalan pemesanan tiket penumpang kereta api. Perusahaan akan
memperoleh pendapatan yang maksimal apabila alokasi kursi pada stasiun antara
lebih besar dari pada alokasi kursi untuk single-leg yaitu dari Surabaya menuju
Jakarta.
==================================================================================
Revenue management in passenger rail, usually called as Railroad Passenger
Revenue Management (RRPM), is one of the most important things to manage in
passenger rail business (railroad). The railroad have to manage their revenue
because of some condition that prevail in passenger rail business, like demand
uncertainty, passenger flexibility, and fixed seat-capacity. This condition forced the
railroad to manage their seat allocation in order to maximize its revenue. This study
applied dynamic seat allocation with four fare class (multi-fare) and multi-leg
routing by considering passenger cancellation. This study also develop discretesimulation
model to find out the number of ticket sold in each route and each fare
class, so that the railroad could get maximum total expected revenue. In this discretesimulation
model, the parameter will be changed to adapt various scenarios. The
results that companies can apply the cancellation of the passenger train ticket
reservations and can perform additional capacity on each train car. The company
will earn a better income when the allocation of seats in Surabaya to Jakarta by 50%,
and the rest is the allocation of seats for the purpose of the transfer station. This
study generate general result that the railroad will get maximum revenue if seat
allocation of transship route is more than the allocation of start-to-end route (in this
study case, from Surabaya direct to Jakarta Gambir).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTI 658.787 Sak m
Uncontrolled Keywords: kereta api penumpang, pengelolaan pendapatan, multi-fare, multi-leg, dynamic seat allocation.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD55 Inventory control
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 21 Nov 2019 08:59
Last Modified: 21 Nov 2019 08:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71959

Actions (login required)

View Item View Item