Pengaruh komposisi pelarut dan ketebalan cat epoksi terhadap daya lekat dan tingkat pelepuhan (blistering) pada lingkungan NaCl yang diaplikasikan pada baja karbon

Muhammad, Maulana Mufti (2015) Pengaruh komposisi pelarut dan ketebalan cat epoksi terhadap daya lekat dan tingkat pelepuhan (blistering) pada lingkungan NaCl yang diaplikasikan pada baja karbon. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2711100121-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
2711100121-Undergraduate-Thesis.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Coating adalah salah satu perlindungan terhadap korosi dengan cara membentuk penghalang antara substrat dengan lingkungan. Dan biasanya diaplikasikan pada pipeline. Dalam penelitian ini, untuk memaksimalkan fungsi pelapis dengan tujuan memberikan penghalang antara material dengan lingkungan, digunakan ketebalan coating (50, 100, 150, 200, dan 250 mikron). Sedangkan untuk mempermudah proses aplikasi dilakukan penambahan pelarut 0%, 10%, dan 20%. Cat primer yang digunakan adalah epoksi untuk melapisi material substrat ASTM A36 Grade B pada lingkungan air laut. Proses aplikasi menggunakan metode conventional spray. Morfologi dari hasil coating diamati dengan SEM. Untuk mengetahui kualitas dari coating, dilakukan pengujian daya lekat, tingkat bistering, dan ketahanan terhadap pelebaran kerusakan karena korosi serta besar perambatan uap air melalui cat. Dari pengujian dan analisa didapatkan bahwa semakin tebal lapisan semakin baik peran cat sebagai penghalang antara substrat dengan lingkungan. Namun daya lekat dari cat menurun dengan bertambahnya ketebalan. Penambahan komposisi pelarut menaikan laju transmisi uap air, sehingga fungsi penghalang dari coating menurun.
==============================================================================================
Main function of coating is providing barrier protection between substrate and environment. And its commonly used to protect pipeline. In this research, to evaluate a function of barrier, a different the thickness coating (50, 100, 150, 200, and 250 micron) were used. In addition, to make easier during application process, solvent 0, 10, and 20% were added to paint. Epoxy is used as premier paint to cover substrate material ASTM A36 Grade B in NaCl 3,5% Environment. Conventional spray was used in paint application. Morphology of coating was investigated by SEM. To evaluate the function of the coating, adhesion strength, blistering, and water vapor transmission rate tests were applied. The result indicate that the blister size increase with the increasing thickness coating while the adhesion strength decrease with the increase thickness coating. Additional solvent in paint increase the water vapor transmission rate, consequently the function of coating decrease.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMt 620.112 6 Muh p
Uncontrolled Keywords: Coating, Daya Lekat, Blistering, Pelarut, Water Vapor Transmission Rate
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.38 Materials--Fatigue.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 22 Nov 2019 03:42
Last Modified: 22 Nov 2019 03:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71964

Actions (login required)

View Item View Item