Rancang Bangun Modul Pembangkit Peta Dan Level Dinamis Untuk Game Pandawa: The Heroes Of Ngastina Pada Platform Flash

Indriyani, Rizka Noviana (2015) Rancang Bangun Modul Pembangkit Peta Dan Level Dinamis Untuk Game Pandawa: The Heroes Of Ngastina Pada Platform Flash. Undergraduate thesis, Institut Teknology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5110100133-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
5110100133-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam game strategi perang, peta merupakan hal yang sangat
penting. Peta digunakan sebagai area pertempuran dalam game
strategi perang. Peta tersebut biasanya terdiri dari terrain, laut,
bangunan, hutan, obstacle, dan lain-lain. Dalam beberapa game
strategi perang, peta dan level dibentuk secara dinamis
menggunakan teknik Procedural Content Generation. Bagi
pemain, hal ini akan membuat game semakin menantang dan
menambah experience pemain. Pembangkitan peta dan level
dinamis juga akan membantu dari sisi pengembangan game
karena dapat mengurangi biaya pengembangan dan
mempermudah pembuatan peta dan level secara otomatis.
Dalam Tugas Akhir ini, akan dikembangkan Modul Pembangkit
Peta dan Level Dinamis yang akan menangani pembangkitan peta
dan kombinasi musuh untuk game Pandawa: the Heroes of
Ngastina pada platform flash. Dalam game ini, bentuk peta tidak
mempengaruhi tingkat kesulitan level. faktor yang mempengaruhi
tingkat kesulitan level adalah kombinasi musuh yang dihasilkan.
Peta dinamis dibangun dengan menggunakan metode Cellular
Automata. Kombinasi musuh dipengaruhi oleh skor pemain yang
akan diolah menjadi rating dengan metode Elo Rating System.
Rating tersebut akan menjadi nilai modal untuk membangkitkan
kombinasi musuh pada level selanjutnya dengan mengadaptasi
Coin-Changing Problem menggunakan algoritma Dynamic
Programming. Dari hasil pembangkitan peta, akan didapatkan
x
peta yang berubah-ubah tiap level sesuai dengan rasio
perbandingan area dan rule pembentukan peta yang didefinisikan
pada game. Sedangkan dari pembangkitan musuh, akan
didapatkan kombinasi musuh yang menyesuaikan kemampuan
pemain dengan jumlah musuh maksimal lima orang pada tiap
level.
========================================================================================================
In a war strategy game, map is very important. Map is used as
a battlefield in a war strategy game. These maps are usually consist
of terrains, oceans, buildings, forests, obstacles, and others. In
some war strategy games, maps and levels are dynamically
generated using Procedural Content Generation techniques. For
players, this will make the game more challenging and adds the
player’s experience. Generation of dynamic maps and levels will
also help in game development because it can reduce development
costs and help the making of maps and levels automatically.
This Final Project will develop Dynamic Map and Level
Generator Module that will handle the generation of maps and
combination of enemy for Pandawa: the Heroes of Ngastina game.
In this game, the form of map did not affect the level of difficulty
level. The difficulty of each level is affected by combination of
enemy. Dynamic maps are built using Cellular Automata.
Combination of enemy is determined by the player's score that will
be processed into the rating using method Elo Rating System. The
rating will be the changing value to generate a combination of
enemies on the next level by adapting Coin-Changing Problem
using Dynamic Programming algorithms. From the generation of
xii
the map, we will get the map that varies each level in accordance
with the ratio of the area and the establishment of the rule is
defined on the game map. Whereas from the enemy generation, we
will get the combination of enemies that adjust the ability of the
player with the maximum number of enemy is five on each level.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 794.815 36 Ind r
Uncontrolled Keywords: game strategi, game perang, pembangkit level dinamis, pembangkit peta dinamis.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1469.2 Computer games
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 25 Nov 2019 03:46
Last Modified: 25 Nov 2019 03:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72012

Actions (login required)

View Item View Item