Perancangan Ulang Dan Analisa Sistem Suspensi Mobil Multiguna Pedesaan Dengan Standar Kenyamanan ISO 2631

Suprayogi, Bayu Estu (2015) Perancangan Ulang Dan Analisa Sistem Suspensi Mobil Multiguna Pedesaan Dengan Standar Kenyamanan ISO 2631. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2111100084-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2111100084-Paper.pdf - Accepted Version

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2111100084-Presentation.pdf - Presentation

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mobil multiguna pedesaan merupakan proyek kerjasama antara ITS beserta MENRISTEK yang bertujuan untuk mendukung produktifitas masyarakat pedesaan. Idealnya, faktor kenyamanan dan keamanan penumpang merupakan hal yang sangat penting pada kendaraan, dimana sistem suspensi merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan yang memegang peranan tersebut. Pada mobil multiguna pedesaan ini, kondisi jalan yang akan dilewati tidak hanya jalan kota, namun juga jalan pedesaan. Selain itu, kondisi beban yang diangkut juga bervariasi, dimana mobil multiguna memang dirancang multiguna dengan variasi box yang berbeda. Oleh karena itu, sistem suspensi harus mampu memberikan kenyamanan dan keamanan dengan berbagai variasi tersebut. Pada tugas akhir ini, terdapat dua macam tahapan, yakni tahap redesain dan tahap analisa. Pada tahap redesain, dilakukan perhitungan dan simulasi untuk mencari nilai konstanta kekakuan pegas dan konstanta redaman suspensi yang lebih baik dari suspensi sebelumnya. Nilai konstanta kekakuan pegas dicari dari beban maksimal yang bekerja pada suspensi serta defleksi maksimal suspensi, dimana dalam hal ini beban maksimal adalah gabungan dari beban statis, serta beban dinamis saat kendaraan bergerak lurus mengalami perlambatan maksimum. Nilai konstanta redaman dicari berdasarkan pemodelan half car dengan menggunakan metode state space, kemudian dilakukan simulasi dengan bantuan software dengan variasi rasio redaman (0,3 < ζ < 0,7) dan input berupa jalan sinusoidal. Hasil simulasi berupa respon RMS percepatan pengemudi pada grafik ISO 2631 yang digunakan sebagai parameter kenyamanan, serta prosentase ban menapak jalan yang digunakan sebagai parameter keamanan, dimana nilai konstanta redaman dipilih berdasarkan kedua aspek tersebut. Pada tahap analisa, dilakukan simulasi untuk mencari perbandingan respon kenyamanan dan keamanan dari suspensi hasil perancangan ulang dengan suspensi aktual. Parameter hasil perancangan ulang antara lain, kekakuan pegas suspensi depan (Ksf) = 53024,26015 N/m, redaman suspensi depan (Csf) = 2675,5 Ns/m, kekakuan pegas suspensi belakang (Ksr) = 40630,38127 N/m, dan redaman suspensi belakang (Csr) = 2342 Ns/m. Hasil analisa perbandingan respon suspensi perancangan ulang dan aktual menunjukkan, bahwa dengan input profil jalan sinusoidal yang mempunyai amplitudo 5 cm dan panjang gelombang 50 cm serta polisi tidur dengan dimensi sesuai ketentuan menteri perhubungan nomor 3 tahun 1994, perencanaan suspensi menghasilkan kenyamanan dan kemampuan menapak jalan yang lebih baik daripada suspensi aktual. ========== Multipurpose rural vehicle is joint project between ITS and Ministry of Research and Technology to support the productivity of people from rural area. Driver comfort and vehicle safety are important aspects, where the suspension system is one important part of the vehicle that holds those roles. The road this vehicle will be passed is not only the road at urban area, but also the rural area. Moreover, the transported load is also vary, where this multipurpose vehicle is designed multipurpose with different box and different function. Therefore, the suspension system must be able to provide the best compromise between comfort and safety to a wide range of these variations. In this final project, there are two stage of process, first the suspension redesign and then the analysis of the suspension. At the redesign stage, calculation and simulation is performed to find the better spring stiffness and damper constant. Spring stiffness is calculated based on maximum deflection of the suspension and maximum load, which in this case is combinination from static load and dynamic load when the vehicle is moving straight and braked at the maximum deceleration. The suspension damper is chosen based on half car model using state space method. Then simulation is performed with variation of damping ratio (0,3 < ζ < 0,7) and sinusoidal road as input. The simulation results are RMS driver acceleration on ISO 2631 graph which is used as comfort parameter, and the percentage of tire tread which is used as safety parameter. At the analysis stage, simulation is performed to compare the vehicle comfort and safety between the suspension redesign parameter and the previous suspension parameter. The result of the suspension redesign are, front suspension stiffness (Ksf) = 53024,26015 N/m, front suspension damper (Csf) = 2675,5 Ns/m, rear suspension stiffness (Ksr) = 40630,38127 N/m, and rear suspension damper (Csr) = 2342 Ns/m. The analysis result using sinusoidal road (amplitude 5 cm and wavelength 50 cm) and bump (dimension based on Ketentuan Menteri Perhubungan Nomor 3 Tahun 1994.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.243 Sup p 3100015062357
Uncontrolled Keywords: Sistem Suspensi, Kenyamanan, Keamanan, Half Car, ISO 2631, Suspension System, Vehicle Comfort, Vehicle Safety
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257 Springs and suspension
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 05 Dec 2019 06:52
Last Modified: 05 Dec 2019 06:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72173

Actions (login required)

View Item View Item