Perancangan Ulang Dan Analisa Sistem Suspensi Mobil Multiguna Pedesaan Dengan Standar Kenyamanan ISO 2631

Suprayogi, Bayu Estu (2015) Perancangan Ulang Dan Analisa Sistem Suspensi Mobil Multiguna Pedesaan Dengan Standar Kenyamanan ISO 2631. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2111100084-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2111100084-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 2111100084-Paper.pdf]
Preview
Text
2111100084-Paper.pdf - Accepted Version

Download (762kB) | Preview
[thumbnail of 2111100084-Presentation.pdf]
Preview
Text
2111100084-Presentation.pdf - Presentation

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mobil multiguna pedesaan merupakan proyek kerjasama
antara ITS beserta MENRISTEK yang bertujuan untuk
mendukung produktifitas masyarakat pedesaan. Idealnya, faktor
kenyamanan dan keamanan penumpang merupakan hal yang
sangat penting pada kendaraan, dimana sistem suspensi
merupakan salah satu bagian penting pada kendaraan yang
memegang peranan tersebut. Pada mobil multiguna pedesaan ini,
kondisi jalan yang akan dilewati tidak hanya jalan kota, namun
juga jalan pedesaan. Selain itu, kondisi beban yang diangkut juga
bervariasi, dimana mobil multiguna memang dirancang multiguna
dengan variasi box yang berbeda. Oleh karena itu, sistem suspensi
harus mampu memberikan kenyamanan dan keamanan dengan
berbagai variasi tersebut.
Pada tugas akhir ini, terdapat dua macam tahapan, yakni
tahap redesain dan tahap analisa. Pada tahap redesain, dilakukan
perhitungan dan simulasi untuk mencari nilai konstanta kekakuan
pegas dan konstanta redaman suspensi yang lebih baik dari
suspensi sebelumnya. Nilai konstanta kekakuan pegas dicari dari
beban maksimal yang bekerja pada suspensi serta defleksi
maksimal suspensi, dimana dalam hal ini beban maksimal adalah
gabungan dari beban statis, serta beban dinamis saat kendaraan
bergerak lurus mengalami perlambatan maksimum. Nilai
konstanta redaman dicari berdasarkan pemodelan half car dengan
menggunakan metode state space, kemudian dilakukan simulasi
dengan bantuan software dengan variasi rasio redaman (0,3 < ζ <
0,7) dan input berupa jalan sinusoidal. Hasil simulasi berupa
respon RMS percepatan pengemudi pada grafik ISO 2631 yang
digunakan sebagai parameter kenyamanan, serta prosentase ban
menapak jalan yang digunakan sebagai parameter keamanan,
dimana nilai konstanta redaman dipilih berdasarkan kedua aspek
tersebut. Pada tahap analisa, dilakukan simulasi untuk mencari
perbandingan respon kenyamanan dan keamanan dari suspensi
hasil perancangan ulang dengan suspensi aktual.
Parameter hasil perancangan ulang antara lain, kekakuan
pegas suspensi depan (Ksf) = 53024,26015 N/m, redaman
suspensi depan (Csf) = 2675,5 Ns/m, kekakuan pegas suspensi
belakang (Ksr) = 40630,38127 N/m, dan redaman suspensi
belakang (Csr) = 2342 Ns/m. Hasil analisa perbandingan respon
suspensi perancangan ulang dan aktual menunjukkan, bahwa
dengan input profil jalan sinusoidal yang mempunyai amplitudo 5
cm dan panjang gelombang 50 cm serta polisi tidur dengan
dimensi sesuai ketentuan menteri perhubungan nomor 3 tahun
1994, perencanaan suspensi menghasilkan kenyamanan dan
kemampuan menapak jalan yang lebih baik daripada suspensi
aktual. ========== Multipurpose rural vehicle is joint project between ITS
and Ministry of Research and Technology to support the
productivity of people from rural area. Driver comfort and vehicle
safety are important aspects, where the suspension system is one
important part of the vehicle that holds those roles. The road this
vehicle will be passed is not only the road at urban area, but also
the rural area. Moreover, the transported load is also vary, where
this multipurpose vehicle is designed multipurpose with different
box and different function. Therefore, the suspension system must
be able to provide the best compromise between comfort and
safety to a wide range of these variations.
In this final project, there are two stage of process, first
the suspension redesign and then the analysis of the suspension.
At the redesign stage, calculation and simulation is performed to
find the better spring stiffness and damper constant. Spring
stiffness is calculated based on maximum deflection of the
suspension and maximum load, which in this case is
combinination from static load and dynamic load when the
vehicle is moving straight and braked at the maximum
deceleration. The suspension damper is chosen based on half car
model using state space method. Then simulation is performed
with variation of damping ratio (0,3 < ζ < 0,7) and sinusoidal road
as input. The simulation results are RMS driver acceleration on
ISO 2631 graph which is used as comfort parameter, and the
percentage of tire tread which is used as safety parameter. At the
analysis stage, simulation is performed to compare the vehicle
comfort and safety between the suspension redesign parameter
and the previous suspension parameter.
The result of the suspension redesign are, front
suspension stiffness (Ksf) = 53024,26015 N/m, front suspension
damper (Csf) = 2675,5 Ns/m, rear suspension stiffness (Ksr) =
40630,38127 N/m, and rear suspension damper (Csr) = 2342
Ns/m. The analysis result using sinusoidal road (amplitude 5 cm
and wavelength 50 cm) and bump (dimension based on Ketentuan
Menteri Perhubungan Nomor 3 Tahun 1994.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.243 Sup p 3100015062357
Uncontrolled Keywords: Sistem Suspensi, Kenyamanan, Keamanan, Half Car, ISO 2631, Suspension System, Vehicle Comfort, Vehicle Safety
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257 Springs and suspension
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 05 Dec 2019 06:52
Last Modified: 05 Dec 2019 06:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72173

Actions (login required)

View Item View Item