Studi Eksperimen Pengaruh Konstanta Pegas Continuously Variable Transmission (CVT) Terhadap Performa Kendaraan Honda Scoopy 110 CC

Arfiansyah, Oky (2015) Studi Eksperimen Pengaruh Konstanta Pegas Continuously Variable Transmission (CVT) Terhadap Performa Kendaraan Honda Scoopy 110 CC. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2110100037-Undergraduate-Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini menganalisa salah satu dari komponenkomponen Continuously Variable Transmission yaitu pegas CVT. Tujuan dari tugas akhir ini untuk membandingkan nilai gaya dorong, kecepatan maksimum, percepatan maksimum kendaraan yang dihasilkan masing-masing pegas CVT, dan mencari pegas CVT terbaik untuk performa kendaraan. Pengujian ini menggunakan empat pegas CVT dengan nilai konstanta yang berbeda. Pengujian dilakukan dengan memasang masing-masing pegas CVT pada kendaraan dan mengambil data melalui proses dynotest. Pengujian menggunakan alat dynotest ini menghasilkan nilai daya, torsi, dan putaran mesin yang dihasilkan kendaraan. Dari data tersebut akan dikonversi menjadi nilai gaya dorong dan kecepatan kendaraan. Untuk memperoleh kecepatan maksimum kendaraan, perlu dilakukan perhitungan gaya hambat akibat gesekan ban dengan jalan dan gaya hambat akibat udara. Gaya hambat akibat gesekan ban dengan jalan dipengaruhi oleh tekanan ban kendaraan. Gaya hambat akibat udara sangat dipengaruhi oleh iv kecepatan. Dari nilai gaya dorong, kedua gaya hambat, dan massa kendaraan dapat diketahui nilai percepatan kendaraan. Dari hasil eksperimen, masing-masing pegas menghasilkan rasio transmisi yang berbeda. Hal ini mengakibatkan nilai torsi, gaya dorong, kecepatan, dan percepatan kendaraan yang dihasilkan masing-masing pegas berbeda pula. Pegas CVT TDR 2000 RPM (k=5,09 N/mm) mampu menghasilkan nilai gaya dorong maksimum kendaraan terbesar yaitu senilai 1730,75 N pada kecepatan 8,85 km/jam. Pegas tersebut juga mampu menghasilkan nilai percepatan maksimum kendaraan terbesar yaitu senilai 3,75 m/s2 pada kecepatan 10,46 km/jam. Sedangkan pegas CVT orisinil (k=3,59 N/mm) mampu menghasilkan kecepatan maksimum kendaraan tertinggi yaitu senilai 100,73 km/jam. Pegas CVT TDR 2000 RPM (k=5,09 N/mm) mampu menghasilkan nilai gaya dorong dan percepatan kendaraan terbesar pada kecepatan rendah sehingga lebih cocok digunakan untuk berkendara di jalan yang terdapat tanjakan, tikungan-tikungan, dan kemacetan. Sedangkan Pegas CVT TDR 1500 RPM (k=4,15 N/mm) mampu menghasilkan nilai gaya dorong dan percepatan kendaraan terbesar pada kecepatan tinggi sehingga lebih cocok digunakan untuk berkendara di jalan datar dan lurus. ================================================================================================ This final project analyzing one of Continuously Variable Transmission component called CVT spring. The purpose of this project is to compare the value of thrust force, maximum speed, maximum acceleration for each CVT spring, and the best CVT spring for vehicle performance. Testing in this project uses four CVT springs with different constant. Testing conducted by placing each CVT spring on a vehicle and took the data with the process of dynotest. Testing done with dynotest tool that resulting in power, torque, and engine speed value from the vehicle. That value converted to thrust force and speed of vehicle. To obtain vehicle’s maximum speed, need to be taken of drag calculation due to rolling resistance and aerodynamic resistance. Rolling resistance is affected by tire pressure. Aerodynamic resistance is affected by relative wind speed to vehicle. From thrust force value, both drag, and vehicle mass the value of acceleration can be known. Based on the results of experiment, each spring produces different transmission ratio. This resulted in the value of torque , thrust , speed , and acceleration of vehicles produced each spring be different. CVT spring TDR 2000 RPM (k=5,09 N/mm) is capable of producing the largest thrust value that is worth 1730.75 N at speed of 8,85 km/h. That spring is also able to vi produce maximum value of the acceleration that is valued 3,75 m/s2 at speed of 10,46 km/h. Meanwhile, the original CVT spring (k=3.59 N/mm) is capable of producing the highest speed of the vehicle is valued at 100,73 km/h. CVT spring TDR 2000 RPM (k=5,09 N/mm) is able to produce the greatest thrust and acceleration value at low speed that good for driving on foothills, curves, and traffic jam. Meanwhile, CVT spring TDR 1500 RPM (k=4,15 N/mm) is able to produce the greatest thrust and acceleration value in high speed that good for flat and straight road.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.244 Arf s
Uncontrolled Keywords: Continuously variable transmission, pegas CVT, rasio transmisi, sistem transmisi otomatis, dynotest
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Data Transmission Systems
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 10 Dec 2019 02:11
Last Modified: 10 Dec 2019 02:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72313

Actions (login required)

View Item View Item