Studi Teknis Dan Ekonomis Penggunan Gas Engine (LNG) Pada Kapal Tug Boat Untuk Operasional Di Pelabuhan Khusus Lng Carrier

Manurung, Erizon Gibson (2016) Studi Teknis Dan Ekonomis Penggunan Gas Engine (LNG) Pada Kapal Tug Boat Untuk Operasional Di Pelabuhan Khusus Lng Carrier. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img] Text
4212100108-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Adanya potensi penggunaan LNG sebagai bahan bakar pada pelabuhan khusus LNG carrier yang dilayani kapal tug boat menjadi nilai tambah pada penelitian ini. Mahalnya biaya bahan bakar dan tidak stabilnya harga bahan bakar saat ini membuat para pengusaha semakin merugi. Penelitian ini akan membahas penggunaan gas engine pada kapal tug boat yang digunakan pada pelabuhan khusus dan mengacu pada kapal existing yang menggunakan mesin diesel sebagai penggerak. Pengolahan data kapal yang ada membandingkan dua sistem permesinan yang berbeda. Setelah itu, akan didapatkan biaya operasional dari masing-masing sistem permesinan, kemudian perhitungan tersebut akan dianalisa sehingga menghasilkan payback period dari investasi pada kapal tug boat yang menggunakan sistem permesinan gas engine. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan, sistem permesinan yang menggunakan gas engine mengeluarkan biaya bahan bakar yang lebih sedikit dibanding dengan sistem permesinan konvensional (diesel engine). Akan tetapi, dari segi maintenance biaya yang dikeluarkan untuk sistem permesinan gas engine lebih mahal 25% karena penggunaan beberapa tools khusus. Biaya minyak pelumas pada penggunaan gas engine juga lebih mahal karena perbedaan power pada kedua mesin tersebut. Namun pada hasil akhir, penggunaan mesin gas engine masih lebih menguntungkan 14,6% untuk harga LNG pada $3 dibandingkan dengan penggunaan mesin konvensional (diesel engine). ====================================================================================================== The potential use of LNG as fuel on the special port LNG carrier served by the tug boat is an added value in this study. In the otherhand, the high cost of fuel, and the price of fuel is not stable to make ship owners more losers. In this study will investigate the use of Gas Engine on tug boat ship that is in use on a specific port (LNG port), referring to the existing ship engines that use diesel as a main engine. Data processing existing ships and comparing two different machining systems, after which it will obtain the operational costs of each system and further machining is analyzed so that the calculation would produce a payback period of the investment on the tug boat ship machining system uses a gas engine. From calculations that have been done machining systems that use less gas engine fuel cost incurred compared to conventional machining systems (diesel engine). But in terms of maintenance costs in spend on gas engine machining systems 25% more expensive due to the use of some special tools and lubricating oil costs are also more expensive to use a gas engine because of power differences in the machines. But the result is ultimately the use of the gas engine engine is still more advantageous about 14,6% for $3 LNG price per MMBTU compared to the use of a conventional engine (diesel engine).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.824 5 Man s-1
Uncontrolled Keywords: Gas engine, LNG, Tug boat LNG
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 26 Dec 2019 07:13
Last Modified: 26 Dec 2019 07:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72475

Actions (login required)

View Item View Item