Manurung, Erizon Gibson (2016) Studi Teknis Dan Ekonomis Penggunan Gas Engine (LNG) Pada Kapal Tug Boat Untuk Operasional Di Pelabuhan Khusus Lng Carrier. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4212100108-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Adanya potensi penggunaan LNG sebagai bahan bakar pada
pelabuhan khusus LNG carrier yang dilayani kapal tug boat
menjadi nilai tambah pada penelitian ini. Mahalnya biaya bahan
bakar dan tidak stabilnya harga bahan bakar saat ini membuat para
pengusaha semakin merugi. Penelitian ini akan membahas
penggunaan gas engine pada kapal tug boat yang digunakan pada
pelabuhan khusus dan mengacu pada kapal existing yang
menggunakan mesin diesel sebagai penggerak. Pengolahan data
kapal yang ada membandingkan dua sistem permesinan yang
berbeda. Setelah itu, akan didapatkan biaya operasional dari
masing-masing sistem permesinan, kemudian perhitungan tersebut
akan dianalisa sehingga menghasilkan payback period dari
investasi pada kapal tug boat yang menggunakan sistem
permesinan gas engine. Dari hasil perhitungan yang telah
dilakukan, sistem permesinan yang menggunakan gas engine
mengeluarkan biaya bahan bakar yang lebih sedikit dibanding
dengan sistem permesinan konvensional (diesel engine). Akan
tetapi, dari segi maintenance biaya yang dikeluarkan untuk sistem
permesinan gas engine lebih mahal 25% karena penggunaan
beberapa tools khusus. Biaya minyak pelumas pada penggunaan
gas engine juga lebih mahal karena perbedaan power pada kedua
mesin tersebut. Namun pada hasil akhir, penggunaan mesin gas
engine masih lebih menguntungkan 14,6% untuk harga LNG pada
$3 dibandingkan dengan penggunaan mesin konvensional (diesel
engine).
======================================================================================================
The potential use of LNG as fuel on the special port LNG carrier
served by the tug boat is an added value in this study. In the
otherhand, the high cost of fuel, and the price of fuel is not stable
to make ship owners more losers. In this study will investigate the
use of Gas Engine on tug boat ship that is in use on a specific port
(LNG port), referring to the existing ship engines that use diesel as
a main engine. Data processing existing ships and comparing two
different machining systems, after which it will obtain the
operational costs of each system and further machining is analyzed
so that the calculation would produce a payback period of the
investment on the tug boat ship machining system uses a gas
engine. From calculations that have been done machining systems
that use less gas engine fuel cost incurred compared to
conventional machining systems (diesel engine). But in terms of
maintenance costs in spend on gas engine machining systems 25%
more expensive due to the use of some special tools and lubricating
oil costs are also more expensive to use a gas engine because of
power differences in the machines. But the result is ultimately the
use of the gas engine engine is still more advantageous about
14,6% for $3 LNG price per MMBTU compared to the use of a
conventional engine (diesel engine).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSP 623.824 5 Man s-1 |
Uncontrolled Keywords: | Gas engine, LNG, Tug boat LNG |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 26 Dec 2019 07:13 |
Last Modified: | 26 Dec 2019 07:13 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/72475 |
Actions (login required)
View Item |