Kajian Variable Valve Lift Pada Gas Engine Dengan Berbasis Pada Simulasi

Putra, Laurensius Henry Pratama (2016) Kajian Variable Valve Lift Pada Gas Engine Dengan Berbasis Pada Simulasi. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[img] Text
4212100079-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Daya atau power adalah faktor yang sangat penting dalam suatu motor pembakaran dalam. Hingga saat ini terdapat berbagai inovasi dari perkembangan motor bakar dalam yang bertujuan agar meningkatkan daya keluaran dengan tidak memperbesar ukuran silinder. Salah satunya adalah teknologi variable valve lift. Teknologi ini menggunakan multiple valve lift, yaitu dengan menggunakan high valve lift dan low valve lift. High valve lift digunakan untuk meningkatkan torsi motor bakar dalam saat putaran tinggi. Torsi yang meningkat akan menambah daya motor bakar dengan tidak memperbesar ukuran dari motor bakar tersebut. Pada penelitian ini, aplikasi GT-POWER membuat simulasi motor bakar gas. Setelah itu dilakukan variasi intake valve lift hingga 3 variasi yang berbeda.Variasi tersebut adalah 1.5x, 2.0x dan 2.5x dari nilai valve lift default yang diberi nama mode modificated. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.5x menghasilkan daya yang jauh lebih tinggi dan konsumsi bahan bakar lebih baik dari default, 2.0x yang lebih baik dari 1.5x, dan 2.5x yang sedikit lebih baik dari 2.0x yang terjadi pada putaran mesin tinggi. Hal ini terjadi karena pembakaran dalam saat mode modificated manapun lebih baik daripada mode default pada putaran tinggi. Sedangkan dalam putaran rendah, semua jenis valve lift memiliki daya dan konsumsi bahan bakar yang relatif sama. ========================================================================================================= Power is a very important factor in an internal combustion engine. Until now there are a range of innovative developments in motor fuel that aims to increase the output power by not enlarging the size of the cylinder. One of them is the variable valve lift technology. This technology uses multiple valve lift, ie using high valve lift and low valve lift. High valve lift is used to increase the motor torque when the fuel in high rotation. Torque increases will add to the motor fuel by not enlarging the size of the motor fuel. In this study, the GT-POWER applications simulate gas motor fuel. Then the intake valve lift to vary up to 3 different variations. Such variations are 1.5x, 2.0x and 2.5x of valve lift value default, this modifications named modificated mode. The results showed that the 1.5x produce much higher power and better fuel consumption than the default, 2.0x better than 1.5x, and 2.5x slightly better than 2.0x, all of them occurs at high engine speed. This occurs because the current combustion mode modificated any better than the default mode at high speed. While engine at low speed, all type of valve lift has the power and fuel consumption is relatively same.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 621.434 Put k
Uncontrolled Keywords: intake valve lift, gas engine, simulation, variable valve lift.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
Divisions: Faculty of Marine Technology > Marine Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 06 Jan 2020 06:08
Last Modified: 06 Jan 2020 06:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72554

Actions (login required)

View Item View Item