Kajian Variable Valve Lift Pada Gas Engine Dengan Berbasis Pada Simulasi

Putra, Laurensius Henry Pratama (2016) Kajian Variable Valve Lift Pada Gas Engine Dengan Berbasis Pada Simulasi. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4212100079-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4212100079-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Daya atau power adalah faktor yang sangat penting dalam
suatu motor pembakaran dalam. Hingga saat ini terdapat berbagai
inovasi dari perkembangan motor bakar dalam yang bertujuan agar
meningkatkan daya keluaran dengan tidak memperbesar ukuran
silinder. Salah satunya adalah teknologi variable valve lift.
Teknologi ini menggunakan multiple valve lift, yaitu dengan
menggunakan high valve lift dan low valve lift. High valve lift
digunakan untuk meningkatkan torsi motor bakar dalam saat putaran
tinggi. Torsi yang meningkat akan menambah daya motor bakar
dengan tidak memperbesar ukuran dari motor bakar tersebut. Pada
penelitian ini, aplikasi GT-POWER membuat simulasi motor bakar
gas. Setelah itu dilakukan variasi intake valve lift hingga 3 variasi
yang berbeda.Variasi tersebut adalah 1.5x, 2.0x dan 2.5x dari nilai
valve lift default yang diberi nama mode modificated. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 1.5x menghasilkan daya yang jauh
lebih tinggi dan konsumsi bahan bakar lebih baik dari default, 2.0x
yang lebih baik dari 1.5x, dan 2.5x yang sedikit lebih baik dari 2.0x
yang terjadi pada putaran mesin tinggi. Hal ini terjadi karena
pembakaran dalam saat mode modificated manapun lebih baik
daripada mode default pada putaran tinggi. Sedangkan dalam
putaran rendah, semua jenis valve lift memiliki daya dan konsumsi
bahan bakar yang relatif sama.
=========================================================================================================
Power is a very important factor in an internal combustion engine.
Until now there are a range of innovative developments in motor
fuel that aims to increase the output power by not enlarging the size
of the cylinder. One of them is the variable valve lift technology.
This technology uses multiple valve lift, ie using high valve lift and
low valve lift. High valve lift is used to increase the motor torque
when the fuel in high rotation. Torque increases will add to the
motor fuel by not enlarging the size of the motor fuel. In this study,
the GT-POWER applications simulate gas motor fuel. Then the
intake valve lift to vary up to 3 different variations. Such variations
are 1.5x, 2.0x and 2.5x of valve lift value default, this modifications
named modificated mode. The results showed that the 1.5x produce
much higher power and better fuel consumption than the default,
2.0x better than 1.5x, and 2.5x slightly better than 2.0x, all of them
occurs at high engine speed. This occurs because the current
combustion mode modificated any better than the default mode at
high speed. While engine at low speed, all type of valve lift has the
power and fuel consumption is relatively same.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 621.434 Put k
Uncontrolled Keywords: intake valve lift, gas engine, simulation, variable valve lift.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 06 Jan 2020 06:08
Last Modified: 06 Jan 2020 06:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72554

Actions (login required)

View Item View Item