Penilaian Resiko Kebakaran Pada Floating Production Unit

Perdana, Egi Bayu (2016) Penilaian Resiko Kebakaran Pada Floating Production Unit. Undergraduate thesis, Institut Teknology Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
4212101014-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada FPU (Floating Production Unit) terdapat sumber berbahaya yaitu kondensat. Kondensate dapat menjadi berbahaya kepada awak kapal yang tinggal di kapal. Kondensat diletakan dan di proses di lepas pantai dapat memicu terjadinya kebakaran pada kapal FPU. Pada dasarnya terdapat kesempatan dari kondensat maupun kemungkinan yang lain yang dapat memicu terjadinya kebakaran pada kapal FPU. Pada kapal terdapat awak kapaldari FPU untuk mengatur kerja proses hidrokarbon dan pemindahan kondensat dan gas dari FPU ke ORF (Onshore Receiving Facilities). Hidrokarbon di dalam FPU diterima dari sumur minyak bawah laut yang disalurkan ke FPU, yang nantinya di terima dan di proses di FPU yang nantinya digunakan untuk bahan bakar. Kemungkinan terjadinya kecelakaan pada kapal FPU adalah besar, dan salah satu kemungkinannya adalah kebakaran. Api sendiri bisa terjadi dikarenakan banyak macam – macam penyebab. Api bisa terjadi dikarenakan listrik, oli, panas, dan penyebab lainnya. Pada kapal FPU seperti kondensat, bisa menjadi penyebab utama dari kebakaran. Pada dasarnya selain penyabab utama, oli juga dapat menjaadi penyebab tambahan bertambah besarnya kebakaran. Pada waktu itu terdapat kejadian kebakaran kapal FSO yang dimiliki oleh PT. CNOOC. Analisa resiko pada tugas akhir ini menggunakan metode HAZOP.pada evaluasi resiko menggunakan metode FTA untuk menghitung frekuensi, menggunnakan ALOHA untuk penempatan konsekuensi, dan menggunakan risk matix perusahaan ENI Indonesia. Terdapat banyak mode kesalahan pada proses kondensat system. Terdapat satu resiko yang tidak dapat diterima, yaitu resiko pada pipa bocor dari condensate exchanger ke MP separator bisa menyebabkan dampak kerusakan yang besarpada FPU, tetapi tidak terdapat korban jiwa. Tetapi pada risk matrix menunjukan pada level kuning. Setelah dimitigasi menggunakan LOPA dengan menambahkan indicator tekanan dan indicator suhu pada system. Semua mode resiko lainnya bisa menyebabkan bahaya dan menyebabkan kerugian di FPU, tetapi semua resiko lainnya dapat diterima. ======================================================================================================== On the FPU (Floating Production Unit) there is a dangerous congenital namely Condensate. The condensate could be a danger to the crew who stayed on the ship. The condensate is stored and process in offshore can be a trigger of fire at this FPU vessel. In addition there is a possibility of condensate or another possibility that can make a fire that occurred in this FPU vessel. On the ship there are crew of the FPU to handle the hydrocarbon process and transfer of condensate and gas from the FPU to the ORF. The hydrocarbon inside the FPU vessel derived from wells to FPU which will be retrieved and processed to be used as fuel in the process further. The possibility of accidents on FPU vessel is big, and one of big reason is fire. Fire itself can be caused by many variety of cause, it could happen because of electricity, oil, heat and other caused. At the FPU vessel like the condensate, can be a major cause of fires. In addition to being the main cause, the oil can also be a cause of the fire becomes larger. There is one fire accident that happen on FSO ship that belong to PT. CNOOC. Risk Assessment on this thesis using HAZOP method. For risk evaluation using FTA for the frequency, using ALOHA for the consequence plotting, and using ENI Risk Matrix for the consequence level. There are many failure mode on every system process of condensate process. There is one risk that unacceptable, the risk is when the pipe from the condensate exchanger to the MP separator leakage it can cause the major destruction of the FPU but there is no casualties, but on the risk matrix it shows that the failure mode on risk reduction measure level (yellow level). After The mitigation using LOPA the system add a pressure indicator and a temperature indicator to the system. All of the other risk that can cause hazard and make a local loss but all of it is acceptable.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 658.155 Per f-1
Uncontrolled Keywords: FTA, HAZOP, LOPA, Penilaian Resiko
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 09 Jan 2020 02:15
Last Modified: 09 Jan 2020 02:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72610

Actions (login required)

View Item View Item