Penilaian Resiko Kebakaran Pada Floating Production Unit

Perdana, Egi Bayu (2016) Penilaian Resiko Kebakaran Pada Floating Production Unit. Undergraduate thesis, Institut Teknology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4212101014-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4212101014-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada FPU (Floating Production Unit) terdapat sumber
berbahaya yaitu kondensat. Kondensate dapat menjadi
berbahaya kepada awak kapal yang tinggal di kapal. Kondensat
diletakan dan di proses di lepas pantai dapat memicu terjadinya
kebakaran pada kapal FPU. Pada dasarnya terdapat kesempatan
dari kondensat maupun kemungkinan yang lain yang dapat
memicu terjadinya kebakaran pada kapal FPU. Pada kapal
terdapat awak kapaldari FPU untuk mengatur kerja proses
hidrokarbon dan pemindahan kondensat dan gas dari FPU ke
ORF (Onshore Receiving Facilities). Hidrokarbon di dalam
FPU diterima dari sumur minyak bawah laut yang disalurkan
ke FPU, yang nantinya di terima dan di proses di FPU yang
nantinya digunakan untuk bahan bakar. Kemungkinan
terjadinya kecelakaan pada kapal FPU adalah besar, dan salah
satu kemungkinannya adalah kebakaran. Api sendiri bisa
terjadi dikarenakan banyak macam – macam penyebab. Api
bisa terjadi dikarenakan listrik, oli, panas, dan penyebab
lainnya. Pada kapal FPU seperti kondensat, bisa menjadi
penyebab utama dari kebakaran. Pada dasarnya selain
penyabab utama, oli juga dapat menjaadi penyebab tambahan
bertambah besarnya kebakaran. Pada waktu itu terdapat
kejadian kebakaran kapal FSO yang dimiliki oleh PT. CNOOC.
Analisa resiko pada tugas akhir ini menggunakan metode
HAZOP.pada evaluasi resiko menggunakan metode FTA untuk
menghitung frekuensi, menggunnakan ALOHA untuk
penempatan konsekuensi, dan menggunakan risk matix
perusahaan ENI Indonesia. Terdapat banyak mode kesalahan
pada proses kondensat system. Terdapat satu resiko yang tidak
dapat diterima, yaitu resiko pada pipa bocor dari condensate
exchanger ke MP separator bisa menyebabkan dampak
kerusakan yang besarpada FPU, tetapi tidak terdapat korban
jiwa. Tetapi pada risk matrix menunjukan pada level kuning.
Setelah dimitigasi menggunakan LOPA dengan menambahkan
indicator tekanan dan indicator suhu pada system. Semua mode
resiko lainnya bisa menyebabkan bahaya dan menyebabkan
kerugian di FPU, tetapi semua resiko lainnya dapat diterima.
========================================================================================================
On the FPU (Floating Production Unit) there is a
dangerous congenital namely Condensate. The condensate
could be a danger to the crew who stayed on the ship. The
condensate is stored and process in offshore can be a trigger of
fire at this FPU vessel. In addition there is a possibility of
condensate or another possibility that can make a fire that
occurred in this FPU vessel. On the ship there are crew of the
FPU to handle the hydrocarbon process and transfer of
condensate and gas from the FPU to the ORF. The hydrocarbon
inside the FPU vessel derived from wells to FPU which will be
retrieved and processed to be used as fuel in the process further.
The possibility of accidents on FPU vessel is big, and one of
big reason is fire. Fire itself can be caused by many variety of
cause, it could happen because of electricity, oil, heat and other
caused. At the FPU vessel like the condensate, can be a major
cause of fires. In addition to being the main cause, the oil can
also be a cause of the fire becomes larger. There is one fire
accident that happen on FSO ship that belong to PT. CNOOC.
Risk Assessment on this thesis using HAZOP method. For risk
evaluation using FTA for the frequency, using ALOHA for the
consequence plotting, and using ENI Risk Matrix for the
consequence level. There are many failure mode on every
system process of condensate process. There is one risk that
unacceptable, the risk is when the pipe from the condensate
exchanger to the MP separator leakage it can cause the major
destruction of the FPU but there is no casualties, but on the risk
matrix it shows that the failure mode on risk reduction measure
level (yellow level). After The mitigation using LOPA the
system add a pressure indicator and a temperature indicator to
the system. All of the other risk that can cause hazard and make
a local loss but all of it is acceptable.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 658.155 Per f-1
Uncontrolled Keywords: FTA, HAZOP, LOPA, Penilaian Resiko
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 09 Jan 2020 02:15
Last Modified: 09 Jan 2020 02:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72610

Actions (login required)

View Item View Item