Perencanaan Geometrik Dan Perkerasan Jalan Tol Pandaan-Malang Dengan Jenis Perkerasan Lentur

Wicaksono, Muhammad Bergas (2016) Perencanaan Geometrik Dan Perkerasan Jalan Tol Pandaan-Malang Dengan Jenis Perkerasan Lentur. Undergraduate thesis, Institut Teknology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3112100044-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3112100044-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dengan terus meningkatnya perekonomian di wilayah
Jawa Timur terutama perekonomian di dua kota besar yaitu kota
Surabaya dan Malang, maka mobilitas atau pergerakan barang
dan jasa antara kedua wilayah inipun semakin meningkat. Hal itu
tentu menuntut akan adanya perkembangan di segi fasilitas
transportasi yang menghubungkan kedua kota ini. Salah satu
bagian jalur yang menghubungkan kota Surabaya dan kota
Malang adalah jalur Pandaan-Malang. Jalur ini adalah jalur yang
vital dikarenakan banyak kendaraan berat, kendaraan umum
seperti bis, serta mobil penumpang yang melewati jalur ini karena
jalur ini merupakan jalur utama dan merupakan jalur tercepat
untuk menuju kota Surabaya jika dari kota Malang. Oleh karena
itu diperlukan adanya jalur alternatif yang menghubungkan
Malang-Pandaan dan dipilih jalan tol sebagai jalur alternatif.
Tugas akhir ini berisi tentang penilaian trase alternatif terhadap
trase rencana jalan tol milik Bina Marga, perencanaan geometrik,
perencanaan tebal perkerasan jalan, kebutuhan akan fasilitas
jalan tol, serta besarnya volume pekerjaan. Perencanaan
geometrik dilakukan berdasarkan “Tata Cara Perencanaan
geometrik Jalan Antar Kota tahun 1997” sedangkan untuk
perencanaan tebal perkerasan berdasarkan “Manual Desain
Perkerasan Jalan tahun 2013” serta “Petunjuk Perencanaan
vi
Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan Metode Analisa
Komponen tahun 1987”. Perencanaan geometrik dan perhitungan
volume bahan dan volume cut and fill pada tugas akhir ini
dilakukan dengan bantuan software Autocad Civil 3D 2016. Dari
hasil perencanaan jalan tol ini didapatkan panjang jalan tol
39,523 km dengan 14 PI dan PPV sebanyak 168. Tebal lapisan
perkerasan yang dibutuhkan adalah sebesar 20 cm untuk lapisan
surface dengan bahan Laston MS= 744 kg, 20 cm untuk lapisan
pondasi atas dengan bahan batu pecah kelas A, serta 10 cm untuk
lapisan pondasi bawah dengan bahan sirtu kelas A. Volume
timbunan didapatkan sebesar 11.720.504,65 m3 dan volume galian
didapatkan sebesar 2.022.332,38 m3.
==========================================================================================================
In the manner of continuously increasing of economy in
East Java especially in two biggest city in East Java, Surabaya and
Malang, then so mobility of goods and merit between this two city
also increasing. Because of that, consuct development in
transportation facilities that connect this two city. One of the strips
that connect Surabaya and Malang is Pandaan-Malang strip. This
strip is vital strip because many of heavy vehicle, public transport
like bus, and passenger vehicle that pass this stripe because this
stripe is main stripe and the fastest stripe to Surabaya from Malang
city. So alternative stripe is needed to connect Pandaan and
Malang and highway was selected to be alternative stripe. This
final project contains alternative path assessment compared to
Bina Marga’s planning path, geometric planning, pavement
design, highway facilities needs, and amount of work volume.
Geometric planning was analyzed based from “Tata Cara
Perencanaan geometrik Jalan Antar Kota tahun 1997” meanwhile
for pavement design is based on “Manual Desain Perkerasan
Jalan tahun 2013” and “Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan
Lentur Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen tahun
1987”. Geometric design, cut-and-fill and material volume
calculation in this final project was processed using Autocad Civil
3D 2016 software. From the results of Pandaan-Malang highway,
viii
the length of the highway is 39,523 km with 14 PI and 168 PPV.
Pavement layers that used for surface is Laston MS 744 at 20 cm
thick, 20 cm thick for base course using A-class crushed stone, and
10 cm thick for sub-base course using A-class sand stone. Volume
of fill is 11.720.504,65 m3 and the volume of cut is 2.022.332,38
m3.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.7 Wic p
Uncontrolled Keywords: Geometric Design, Pavement Design, Highway, Autocad Civil 3D
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 23 Jan 2020 03:24
Last Modified: 23 Jan 2020 03:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72935

Actions (login required)

View Item View Item