Analisis Pendeteksian Panjang Dan Kedalaman Retak Pada Sambungan Las Material Aluminium 5083 Di Pondasi Mesin Kapal Dengan Metode Eddy Curren Testing (ECT)

Nugraha, I Gusti Agung Aditya Ary (2019) Analisis Pendeteksian Panjang Dan Kedalaman Retak Pada Sambungan Las Material Aluminium 5083 Di Pondasi Mesin Kapal Dengan Metode Eddy Curren Testing (ECT). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111540000075-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04111540000075-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Material seringkali mengalami kerusakan atau retak yang diakibatkan oleh proses pengelasan, salah satunya pada sambungan las di pondasi mesin kapal. Pada daerah tersebut dibutuhkan kualitas konstruksi yang baik. Namun, seringkali retak tidak disadari, baik oleh pihak galangan maupun owner. Retak tersebut dapat diperiksa dengan metode Eddy Current Testing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sensitivitas dari Eddy Current Testing (ECT) dengan menggunakan variasi dimensi retak pada sambungan las material aluminium 5083. Penelitian ini menggunakan lima buah test piece material aluminium 5083 dengan masing-masing material berkuran 150 mm x 160 mm x 10 mm. Tiap material tersebut disambungkan dengan cara dilas. Retak buatan dibuat dengan menggunakan Electrical Discharge Machining (EDM) dengan variasi panjang dan kedalaman retak dengan 5 retak tiap test piece. Variasi panjang retak yang digunakan yaitu: 5.0 mm, 6.0 mm, 7.0 mm, dan 10.0 mm. Untuk variasi kedalaman retak yang digunakan yaitu: 0.5 mm, 1.0 mm, 1.5 mm, dan 2.0 mm. Dengan menggunakan pengaturan parameter pengujian sebagai berikut. H Gain / V Gain : 56.8 / 60.0; Frequency : 30 kHz; Dsp Mode : Sweep; Sweep Time : 1.5 s; H Pos / V Pos : 50% / 30%, didapatkan hasil tinggi dan panjang rata-rata indikasi sinyal retak pada penelitian ini adalah sebagai berikut. Untuk kedalaman retak 0.5 mm tinggi indikasi sinyal retaknya 3.7 mm; kedalaman 1.0 mm adalah 4.0 mm; kedalaman 1.5 mm adalah 8.0 mm; dan kedalaman 2.0 mm adalah 11.2 mm. Untuk panjang retak 5.0 mm panjang indikasi sinyal retaknya 5.5 mm; panjang 6.0 mm adalah 7.0 mm; panjang 7.0 mm adalah 7.9 mm; dan panjang 10.0 mm adalah 10.9 mm. Eddy Current Testing memiliki presentase tingkat ketelitian sebesar75.7%.
=================================================================================================================================
Materials often experience damage or cracks caused by the welding process, for example is a crack in the welded joint at the ship engine foundation. In this area, good construction quality is needed. However, the presence of cracks is often not realized by the shipyard or owner. The crack can be detected using the Eddy Current Testing method. The purposes of this study is to analyze the sensitivity of Eddy Current Testing (ECT) uses variations in crack dimensions in 5083 aluminum material welded joints. This study uses five pieces of welded 5083 aluminum sample with dimension of 150 mm x 160 mm x 10 mm. Each material is welded joint. Artificial cracks are made using Electrical Discharge Machining (EDM) with variations in length and depth with 5 cracks per sample. The variations in crack length are: 5 mm, 6 mm, 7 mm, and 10 mm. Variations in crack depth are: 0.5 mm, 1 mm, 1.5 mm, and 2 mm. By using the test parameter settings as follows. H Gain / V Gain : 56.8 dB / 60.0 dB; Frequency : 30 kHz; Dsp Mode : Sweep; Sweep Time : 1.5 s; H Pos / V Pos : 50% / 30%, the results of average crack indication height showes that: for a crack depth of 0.5 mm is 3.7 mm; a depth of 1.0 mm is 4.0 mm; a depth of 1.5 mm is 8.0 mm; and a depth of 2.0 mm is 11.2 mm. For a crack length of 5.0 mm is 5.5 mm; a length of 6.0 mm is 7.0 mm; a length of 7.0 mm is 7.9 mm; and a length of 10.0 mm is 10.9 mm. Eddy Current Testing has an accuracy rate of 75.7 %.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Aluminium 5083, Eddy Current Testing, Crack
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: I Gusti Agung Aditya Ary Nugraha
Date Deposited: 14 Jun 2024 00:44
Last Modified: 14 Jun 2024 00:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/72941

Actions (login required)

View Item View Item