Analisis Aspek Lane Meter Terhadap Penentuan Ukuran Utama Kapal Ro-Ro Di Perairan Indonesia

Putra, Bagus Gelis Pratama (2020) Analisis Aspek Lane Meter Terhadap Penentuan Ukuran Utama Kapal Ro-Ro Di Perairan Indonesia. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111650030007-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
04111650030007-Master_Thesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Klasterisasi ukuran kapal Ro-Ro di Indonesia, ukuran yang biasa digunakan adalah GT (Gross Tonnage) atau tonase kotor. Terdapat satuan lain yang lebih menggambarkan kondisi muatan kendaraan pada kapal ro-ro yang jarang digunakan di Indonesia, yaitu Lane Meter. Lane Meter merupakan metode pengukuran kapasitas ruang kapal RoRo dimana setiap unit ruang (Linear Meter) diwakili oleh area dek dengan panjang 1.0 meter x lebar 2.0 meter. Pengukuran terhadap besaran nilai LM dilakukan pada 94 sampel kapal Ro-Ro yang dioperasikan di Indonesia dengan kapal yang dioperasikan oleh sejumlah perusahaan pelayaran nasional dengan ukuran dibawah 2000 GT dan panjang dibawah 90 m. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan sketsa Geladak Kendaran kapal yang sudah ada, kemudian dilakukan pengukuran nilai LM yang ada. Dari data yang didapatkan, uji korelasi dilakukan dengan metode korelasi pearson, yang selanjutnya dilaksanakan uji regresi linear dan pengujian anova. Dari hasil uji korelasi pearson dapat disimpulkan bahwa variabel LOA, LPP, B, T dan H berkorelasi kuat dengan fungsi LM dengan nilai (r) ≥ 0.75. Dilakukan uji normalitas, terhadap vaiabel LM dengan variabel ukuran utama lainnya yang membuktikan bahwa data terdistribusi secara normal. Uji regresi linear, dan didapatkan model matematis yang dapat digunakan untuk menentukan ukuran utama kapal ro-ro di perairan Indonesia. Hasil uji regresi linear persamaan tersebut menunjukkan bahwa determinan (R2) memiliki nilai terhadap LBP: 0.835, B: 0.764, T: 0.791 dan H: 0.816. Terhadap pengujian model matematis yang ada, didapatkan bahwa persamaan yang diusulkan lebih baik mendekati dengan ukuran aslinya dibandingan dengan persamaan oleh (Kristensen, 2006) dan (Kristensen, 2016). Berdasarkan pemeriksaan rasio ukuran utama, persamaan ini disarankan digunakan untuk kapal dengan ukuran 50 LM hingga 190 LM.
===============================================================================================================================
The sizes of ro-ro ships in Indonesia are clustered based on Gross Tonnage (GT). Other units, Lane Meter (LM) can better describe the possible condition of vehicle loads on ships. LM naturally represents the combined length of the entire lane in meters that can be used to load vehicles. This study aims to discover the correlation between the value of LM and GT on ro-ro ships' main dimensions. And it proposes the mathematical models to properly estimate the LOA, LPP, B, T and H of the ro-ro ship use LM as an input value. To measure the value of LM, this study used 94 ro-ro ships with sizes below 2000 GT and 90 m length. The correlation test is done by Pearson correlation method then performed several of linear regression and ANOVA tests. LM provides a better correlation than GT on LOA, LPP, and B with a correlation value (r) ≥ 0.75. Visible results of the linear regression of LM properly showed strong determinant value, with R Square ≥ 0.75. Standard ANOVA tests of LM performed on LOA, LPP, and B positively have significance values (sig. ≤ 0.05). From the regression test conducted, obtained mathematical modeling to determine the value of the main size of the ship by using the LM value input. With regard to the test of the mathematical model obtained, it was found that the proposed equation is better close to the Indonesian Ro-Ro compared to the existing equation by (Kristensen, 2006) and (Kristensen, 2016). Based on the examination of the main size ratio, this equation is recommended for ships with sizes of 50 LM to 190 LM.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTPe 623.81 Put a-1 2020
Uncontrolled Keywords: Ferry Ro-Ro, Lane Meter, Gross tonnage, Regression
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM293 Shipping--Indonesia--Safety measures
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Putra Bagus Gelis Pratama
Date Deposited: 08 Mar 2023 05:24
Last Modified: 08 Mar 2023 05:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73004

Actions (login required)

View Item View Item