Kusumiyati, Mutiara Puspa (2020) Perancangan Shock Absorber Pada Kedua Sisi Coupler Dengan Pegas Dan Silinder Hidrolik Pada Automatic Coupler Light Rail Transit (LRT). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
02111540000012-Undergraduate_Theses.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Menurut Badan Pusat Statistik, pada tahun 2015 lebih dari sepuluh juta masyarakat yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, tidak dipungkiri ibukota akan semakin padat. Transportasi umum merupakan salah satu solusi yang bisa mengurangi kepadatan dijalan, salah satunya yang sedang dikembangkan di Indonesia adalah LRT. Hal yang tidak bisa dihindari suatu benda yang kereta api memiliki daya dorong yang kuat sehingga mampu memberikan getaran yang berbolak balik dengan kecepatanya. Sehingga dapat dipastikan akan terjadi getaran pula pada coupler. Dalam penelitian tugas akhir ini akan dilakukan perancangan peredam yang dipasang pada kedua sisi automatic coupler pada LRT yang sudah dibuat di penelitian sebelumnya. Sehingga diharapkan bisa didapatkan karakteristik gaya redam yang optimal serta mendapatkan dimensi yang sesuai untuk shock absorber pada automatic coupler LRT. Maka, dilakukan pemodelan sistem dinamis dari LRT, coupler dan shock absorber. Setelah didapatkan persamaan gerak dari system, selanjutnya dijadikan bentuk state variable. Kemudian membuat blok diagram pada Simulink Matlab dan selanjutnya akan disimulasikan dengan input step untuk variasi konstanta pegas dan redam dengan input perpindahan. Selanjutnya simulasi dengan input sinusoidal dengan variasi kecepatan serta dari hasil konstanta pegas dan redam dari simulasi input step, selanjutnya didapatkan gaya redam shock absorber. Tahap terakhir, ditentukan besaran dimensi berdasarkan nilai konstanta pegas dan redam yang sudah didapatkan sebelumnya. Dari nilai konstanta pegas akan didapatkan panjang peredam, banyak lilitan, diameter pegas dan diameter kawat. Sedangkan dari nilai konstanta redam didapatkan besaran diameter orifice yang sesuai dengan konstanta redam yang sudah didapatkan. Dari penelitian ini, didapatkan hasil bahwa respon perpindahan, kecepatan dan percepatan yang dialami suspensi hidrolik dengan penggunaan konstanta pegas sebesar 16.268 N/m dan konstanta redam sebesar 37.148 N.s/m. Selain itu, diameter orifice 1,24 mm cocok untuk dipasangkan pada sistem peredam pada automatic coupler Sehingga dari perhitungan dapat ditentukan dimensi untuk shock absorber yang akan dibuat, dengan besar diameter kawat sebesar 0,019 m , diameter pegas sebesar 0,08 m, dengan banyak lilitan sebesar 2,5 lilitan dengan panjang 0,5 m =================================================================================================================================
According to the Central Statistics Agency, in 2015 more than ten million people who chose to use private vehicles, it is undeniable that the capital will be increasingly crowded. Public transportation is one solution that can reduce the density of the road, one of which is being developed in Indonesia is LRT. Things that can not be avoided an object that the train has a strong thrust so that it can provide vibrations that go back and forth with speed. So it can be ascertained that vibrations will also occur on the coupler. In this final project research will be carried out design of dampers installed on both sides of the automatic coupler on the LRT that has been made in previous studies. So that it is expected to obtain the optimal damping force characteristics and obtain the appropriate dimensions for the shock absorber on the LRT automatic coupler. So, the dynamic system modeling of LRT, coupler and shock absorber is carried out. After obtaining the equation of motion from the system, it is then used as a state variable. Then make a block diagram on Simulink Matlab and then it will be simulated with step input for variations in spring constant and damping with displacement input. Furthermore, simulation with sinusoidal input with variations in speed and from the results of spring and damping constants from the input step simulation, then the shock absorber damping force is obtained. The last step, determined the dimensions of the dimensions based on spring and damping constants that have been obtained previously. From the spring constant value you will get the length of the damper, a lot of turns, the diameter of the spring and the diameter of the wire. Whereas from the value of the damping constant the diameter of the orifice is obtained in accordance with the damping constant that has been obtained. The results obtained that the displacement response, speed and acceleration experienced by the hydraulic suspension with the use of a spring constant of 16,268 N / m and an damping constant of 37,148 N.s / m. In addition, the 1.24 mm diameter orifice is suitable to be attached to the damping system of the automatic coupler. So from the calculation the dimensions of the shock absorber to be made can be determined, with a wire diameter of 0.019 m, a spring diameter of 0.08 m, with many turns of 2.5 turns with a length of 0.5 m
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSM 629.243 Kus p-1 2020 |
Uncontrolled Keywords: | Shock absorber, Konstanta kekakuan pegas, Konstanta redam, Diameter Orifice. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA935 Vibration |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mutiara Puspa Kusumiyati |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 01:47 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 01:47 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/73193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |