Analisis Konversi Barge Menjadi Self-Propelled Public Service Barge Dengan Spud Mooring System Di Kabupaten Kepulauan Anambas-Riau

Pangestu, Julio Tri (2020) Analisis Konversi Barge Menjadi Self-Propelled Public Service Barge Dengan Spud Mooring System Di Kabupaten Kepulauan Anambas-Riau. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111640000029_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04111640000029_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas yang merupakan Kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Natuna. Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki kondisi PUSKESMAS yang memperhatinkan, Samsat hanya terdapat di Kabupaten Natuna, serta tidak terdapatnya Satpas di kepulauan tersebut. Dengan keterbatasan ini, maka kapal layanan publik dibangun di atas sebuah barge yang dikonversi. Tugas Akhir ini bertujuan untuk melakukan analisis baik secara teknis maupun ekonomis mengenai konversi barge menjadi kapal layanan publik. Pada pengerjaan awal, dipilih barge yang sudah ada dan telah beroperasi. Barge yang dipilih dapat menampung kebutuhan ruangan pada layanan publik yaitu Puskesmas, Satpas, dan Samsat. Pada analisis teknis, modifikasi yang dilakukan berupa pembuatan General Arrangement baru, perhitungan freeboard, stablitas serta trim dari kapal pelayanan publik. Modifikasi yang dilakukan pada barge berupa penambahan 1 (satu) lantai pada geladak barge dengan fasilitas pelayanan publik pada Puskesmas, Satpas, dan Samsat. Fasilitas dari Puskesmas ini disesuaikan dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk pembuatan Puskesmas, fasilitas dari Satpas ini disesuaikan dengan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2012 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk pembuatan Satpas, dan fasilitas dari Samsat ini disesuaikan dengan berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk pembuatan Samsat yang disesuaikan kembali dengan kondisi dari barge. Tinggi freeboard memenuhi kriteria ICLL 1966/1988. Kondisi stabilitas memenuhi kriteria BKI Vol 3 Guidelines for Intact Stability dan kondisi trim memenuhu kriteria berdasarkan SOLAS 1974 Reg. II/7. Pada analisis ekonomis, dilakukan perhitungan besarnya biaya konversi kapal dengan biaya yang diperkirakan sebesar Rp 44,3 milliar.
===================================================================================================================================
Anambas Islands Regency which is the result of the division of Natuna Regency. Anambas Islands Regency has a concerned Puskesmas condition, Samsat only placed in Natuna Regency, and there is not Satpas in the Islands. With this limitation, the public service ship was built on a barge installed. This Final Project aims to carry out technical analysis and economy analysis of the conversion of barge into public service barge. In the initial work, selected existing barges that have been operated. Barge that can be chosen to fulfill the space requirements for public services are Puskesmas, Satpas, and Samsat. In technical analysis, the new modifications consisted of a new General Arrangement, freeboard calculation, stability and trim from public service barge. Modifications on the barge consist of 1 (one) floor on the barge deck with public service facilities at Puskesmas, Satpas, and Samsat. The facilities of the Puskesmas are adjusted to the Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014, that concerned to standards of facilities and infrastructure for the manufacture of Puskesmas, facilities of Satpas are adjusted to the Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2012, that concerned to standards of facilities and infrastructure for the manufacture of Satpas, and facilities of Samsat is adjusted to the Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2015 that concerned to facilities and infrastructure standards for making SAMSAT that adjusted to the requirements of the barge. Minimum freeboard fulfills ICLL 1966/1988 criteria. Stability regarding BKI criteria Vol 3 Intact Stability Guidelines and requirements of trim criteria based on SOLAS 1974 Reg. II / 7. In the economic analysis, the cost of conversion of ships is calculated with an estimated cost of Rp. 44,3 million.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSPe 623.812 9 Pan a-1
Uncontrolled Keywords: Konversi kapal, barge, self-propelled, pelayanan publik, Puskesmas, Samsat, Satpas.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Julio Tri Pangestu
Date Deposited: 08 May 2023 03:37
Last Modified: 08 May 2023 03:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73203

Actions (login required)

View Item View Item