Desain Kapal Feri dengan Teknologi Air Supported Vessel (ASV) untuk Penyeberangan Padang Bai, Bali - Lembar, Lombok

Sinaga, Fajar Hamonangan (2019) Desain Kapal Feri dengan Teknologi Air Supported Vessel (ASV) untuk Penyeberangan Padang Bai, Bali - Lembar, Lombok. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 041113400000038-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
041113400000038-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pariwisata hingga saat ini masih menjadi salah satu pendapatan terbesar untuk masing-masing daerah yang memiliki potensi alam yang indah. Salah satu daerah pariwisata yang menjadi perhatian adalah pulau Bali dan pualu Lombok. Pulau-Pulau tersebut memiliki keindahan alam, mulai dari wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara datang ke Pulau Bali dan Pulau Lombok. Data statistik menjelaskan bahwa mulai dari tahun 2014 hingga 2017 tingkat kunjungan wisatawan selalu meningkat. Pada Tugas Akhir ini akan didesain kapal feri dengan teknologi Air Supported Vessel (ASV) untuk membantu sarana transportasi para wisatawan untuk sampai ke Lombok atau Bali lebih cepat dengan harga tiket yang sesuai. Teknologi ASV merupakan desain lambung kapal dengan bantuang ruang kosong pada bagian bawah kapal dan udara bertekanan. Payload kapal ditentukan berdasarkan hasil analisis perhitungan jumlah penumpang penyeberangan Padang Bai-Lembar dari tahun 2001-2018 kemudian forecasting sampai tahun 2025 kemudian didapat payload dan ukuran utama kapal. Setelah itu dilakukan perhitungan teknis yang meliputi hambatan, berat, freeboard, stabilitas, dan trim. Ukuran utama yang didapatkan adalah LOA = 20 m; LPP = 19.6 m; B = 6 m; H = 2.5 m; T = 1.1 m; dan jenis fan yang digunakan pada bagian depan sebagai pengantar udara ke bagian bawah kapal adalah fan centrifugal dengan daya yang dibutuhkan 18.5 kw dari daya mesin utama kapal. Tinggi freeboard minimum sebesar 1400 mm dan kondisi stabilitas kapal memenuhi kriteria Intact Stability (IS) Code ,2008. Biaya total pembangunan 3 unit kapal sebesar Rp 10.054.570.171,79 dengan Net Persent Value Rp 11.663.320.000,00, Internal Rate of Return 23,74% dan Payback Perriod dalam 7 tahun 11 bulan.
================================================================================================================================
Tourism until now is still one of the biggest revenues for each region that has beautiful natural potential. One area of concern is the island of Bali and the island of Lombok. These islands have natural beauty, ranging from foreign tourists and domestic tourists coming to Bali and Lombok. Statistical data explains that from 2014 to 2017 the level of tourist arrivals always increases. In this Final Project a ferry design with Air Supported Vessel (ASV) technology will be designed to help the transportation of tourists to get to Lombok or Bali faster with the appropriate ticket prices. ASV technology is the design of the hull with empty space at the bottom of the ship and compressed air. The ship payload is determined based on the results of an analysis of the calculation of Padang Bai-Lembar passenger numbers from 2001-2018 and then forecasting until 2025 and then the payload and main size of the ship are obtained. After that technical calculations include obstacles, weight, freeboard, stability, and trim. The main size obtained is LOA = 20 m; LPP = 19.6 m; B = 6 m; H = 2.5 m; T = 1.1 m; and the type of fan used at the front as an air delivery to the bottom of the ship is a centrifugal fan with the required power of 18.5 kw from the main engine power of the ship. The minimum freeboard height is 1400 mm and the ship's stability conditions meet the Intact Stability (IS) Code criteria, 2008. The total cost of the construction of 3 vessels is IDR 10,054,570,171.79 with a Net Percent Value of IDR 11,663,320,000.00, Internal Rate of Return of 23.74% and Payback Perriod in 7 years and 11 months.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSPe 623.81 Sin d-1 2020
Uncontrolled Keywords: Air Supported Vessel, ASV, Feri, Padang Bai, Lembar
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM381 Passenger ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fajar Hamonangan S
Date Deposited: 08 Jun 2023 08:06
Last Modified: 08 Jun 2023 08:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/73279

Actions (login required)

View Item View Item